Siapa Penemu Oven Microwave?

Siapa Penemu Oven Microwave? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/tokopedia.com
Oven microwave ditemukan secara tidak sengaja, oleh Percy Spenser, seorang penemu yang telah mendaftarkan sekitar 120 hak paten atas penemuan-penemuannya.

Pada tahun 1945, Percy Spenser bekerja di lembaga pertahanan Raytheon, dan dia sedang meneliti cara meningkatkan kemampuan radar yang ada di lembaga pertahanan tersebut. Ketika ia tengah berjalan melewati sebuah radiator yang sedang bekerja, cokelat yang ia simpan di celananya meleleh.

Mendapati cokelatnya meleleh dalam celana, Spenser pun mempelajari penyebabnya, dan kemudian mencari cara untuk memanfaatkan fenomena tersebut. Dari situlah eksperimen microwave dimulai.

Ketika pertama kali microwave berhasil dibuat, beratnya mencapai 400 kilogram. Karena itulah waktu itu microwave hanya digunakan oleh pesawat dan kapal untuk menghangatkan makanan dengan cepat.

Setelah bertahun-tahun berusaha menyempurnakannya, bentuk dan ukuran microwave pun semakin sempurna. Tappan Company, perusahaan yang memproduksinya, pertama kali memasarkannya di Amerika pada 1952.

Microwave adalah gelombang elektromagnetik dengan frekuensi sangat tinggi (Super High Frequency, SHF), yaitu di atas 3 GHz (3x109 Hz). Apabila gelombang mikro diserap oleh sebuah benda, akan muncul efek pemanasan pada benda tersebut. Apabila makanan menyerap radiasi gelombang mikro, makanan menjadi panas dan matang dalam waktu singkat. Proses itulah yang dimanfaatkan dalam oven microwave.

Sebenarnya, tabung elektronik yang dapat mengeluarkan energi microwave telah ditemukan sejak tahun 1940 oleh John Randall dan Dr. H.A. Boot, di Inggris. Tetapi pada waktu itu fungsinya bukan untuk membakar masakan, melainkan sebagai komponen penting untuk radar dalam menghadapi pesawat-pesawat Jerman. Radar digunakan untuk mencari dan menentukan jejak suatu benda, dengan gelombang mikro berfrekuensi sekitar 1010 Hz.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 2957622701925911440

Posting Komentar

  1. Dan perscy spencer cuma dibayar 2 dollar, karena hak paten pertama kali didaftarkan perusahaam ditempat dia bekerja, dan tidak mendapat royalti

    BalasHapus

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item