Dari Mana Munculnya Istilah Kelinci Percobaan?

Dari Mana Munculnya Istilah Kelinci Percobaan? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/istimewa
Para ilmuwan sering menggunakan hewan untuk melakukan uji coba—khususnya uji coba obat-obatan—untuk melihat hasilnya, sebelum digunakan pada manusia. Dalam hal itu, salah satu hewan yang sering digunakan sebagai bahan percobaan adalah kelinci.

Alasan pemilihan kelinci sebagai objek percobaan adalah karena hewan itu relatif bersih, dan mudah dibiakkan. Dari situlah kemudian munculnya istilah kelinci percobaan.

Selain kelinci, tikus juga menjadi hewan yang sering digunakan dalam percobaan di laboratorium, sehingga muncul pula istilah tikus lab.

Sebenarnya, hewan yang memiliki struktur genetika paling dekat dengan manusia adalah primata, karena diperkirakan lebih dari 90 persen struktur genetika mereka mirip manusia. Karenanya, monyet juga sering dijadikan objek uji coba di laboratorium.

Namun, penggunaan monyet atau primata lain yang memiliki struktur gen mirip manusia banyak mendapat tentangan, karena secara moral dianggap tidak etis. Selain itu, faktor pelestarian mereka juga menjadi isu penting akhir-akhir ini.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Iptek 9100281784760545559

Posting Komentar

  1. bukannya kalau fi film2 itu kebanyakan tikus yg dipakai untuk percobaan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Post ini adalah jawaban untuk pertanyaan Yus Yulianto, "Dari mana munculnya istilah kelinci percobaan?" So, yang dia tanyakan bukan, "Hewan apa yang kebanyakan dipakai untuk percobaan?"

      Tetapi, seperti yang juga disebutkan dalam post di atas, "Selain kelinci, tikus juga menjadi hewan yang sering digunakan dalam percobaan di laboratorium, sehingga muncul pula istilah tikus lab."

      Hapus
  2. oooh gitu. kirain kalo tikus ga ada istilahnya padahal kan mereka yg lebih populer di dunia perfilman #halah

    BalasHapus

emo-but-icon

Terbaru

Banyak dibaca

item