Mana Lebih Cepat, Pengiriman Bunyi Lewat Udara atau Air?

Mana Lebih Cepat, Pengiriman Bunyi Lewat Udara atau Air?
Ilustrasi/pinterpandai.com
Mungkin kita akan menyangka bahwa bunyi atau suara akan lebih cepat jika dikirim melalui udara. Tapi ternyata lebih cepat ketika dikirim melalui air.

Ketika bunyi dikirimkan melalui udara, dalam satu detik bunyi itu akan mencapai jarak sejauh 340 meter. Tetapi, ketika dikirimkan melalui air, kecepatannya akan meningkat hingga empat kali lipat lebih cepat. Jadi, dalam satu detik, kecepatan bunyi yang dikirim melalui air bisa menjangkau jarak 1.400 meter. Karena itulah, para ilmuwan menggunakan isyarat bunyi saat meneliti kedalaman laut yang gelap.

Alat-alat yang biasanya menggunakan sifat bunyi di antaranya adalah gema duga yang digunakan untuk mengukur kedalaman laut, alat detektor ikan, alat detektor suara yang digunakan kapal selam untuk mencari musuh, dan lain-lain.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Sains 5929773015400291546

Posting Komentar

  1. ingin bertanya..
    kenapa saat kita didalam air(berenang)jika ada suara di atas permukaan air itu sedikit terdengar,malahan tidak sama sekali?.. mohon penjelasannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertanyaan itu sudah di luar konteks posting ini. Nanti saya jelaskan di post lain saja secara terpisah. Atau, silakan masukkan pertanyaannya di kolom pertanyaan, di tab "Tanyakan Saja".

      Hapus

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item