Mandrake itu Tumbuhan apa sih?

Mandrake itu Tumbuhan apa sih?
Ilustrasi/istimewa
Mandrake adalah tumbuhan terkenal yang menyerupai wujud manusia, dan nama itu merupakan nama umum untuk anggota tanaman dari genus keluarga Mandragora nightshades (Solanaceae).

Mandrake termasuk tanaman beracun. Kandungan mandrake antara lain deliriant, halusinogen, tropane, alkaloid (hyoscyamine), dan kadang-kadang mengandung bifurcations yang menyebabkan bentuk akar mereka menyerupai sosok manusia.

Orang Arab menyebut tanaman itu dengan sebutan luffh, atau beid el-jin (telur jin). Berbentuk peterseli, dan akarnya sering bercabang. Cabang-cabang itu agak mirip bentuk orang-orangan, dan bagian itulah yang beracun. Namun, pengolahan yang baik membuat mandrake banyak dijadikan obat.

Diketahui, akar mandrake telah lama digunakan dalam ritual sihir, bahkan sampai sekarang masih digunakan dalam ritual acara neopagan agama-agama seperti Wicca dan Jermanik revivalisme (Odinisme).

Menurut cerita rakyat di beberapa negara, mandrake hanya akan tumbuh di bawah tetesan sperma dari seorang laki-laki yang digantung. Di beberapa negara lain, mandrake dipercaya bisa menjadi obat bagi wanita yang menginginkan anak (mungkin karena bentuknya yang seperti manusia).

Hmm… ada yang mau menambahkan?

  

Related

Nature 9149998311478879605

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item