Kapan Siang Terlama di Bumi?

Kapan Siang Terlama di Bumi?
Ilustrasi/istimewa
Tanggal 21 Juni adalah hari ketika siang berlangsung paling lama, yaitu ketika Matahari berada di titik paling utara Bumi. Semakin ke utara, siang berlangsung semakin lama.

Pada hari itu, siang di Kutub Utara terjadi selama beberapa minggu, sehingga menjadi saat siang paling lama. Bersamaan dengan itu, malam di Kutub Selatan juga berlangsung selama beberapa minggu.

Kenyataan semacam itu hanya terjadi di belahan Bumi bagian utara. Di daerah Bumi bagian selatan, kejadian siang paling lama berlangsung pada tanggal 21 Desember. Semakin ke selatan, siang akan semakin lama, dan di Kutub Selatan terjadi hal yang sama.

Di daerah Khatulistiwa semacam Indonesia, hal seperti itu tidak terlalu terasa. Namun, di beberapa tempat, pada akhir Oktober, satu hari berlangsung selama 25 jam.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Sains 2604392935106812957

Posting Komentar

  1. Iya neh, saya sudah merasakan semenjak saya tinggal di Jerman selama 30 th. Tg 21 Juni adalah siang yang paling lama sepanjang tahun, keknya matahari nggak mau terbenam. Jika hari cerah tidak mendung jam 9 malam matahari masih bersinar.
    Nah sebentar lagi kami akan memasuki tg 21 Juni.

    BalasHapus

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item