Apa Perbedaan Penyakit Jantung dan Serangan Jantung?

Apa Perbedaan Penyakit Jantung dan Serangan Jantung? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/istimewa
Penyakit jantung adalah sebuah kondisi yang menyebabkan jantung tidak dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. Hal itu bisa terjadi karena otot jantung yang lemah, atau adanya celah antara serambi kanan dan serambi kiri.

Otot jantung yang lemah adalah kelainan bawaan sejak lahir. Otot jantung yang lemah menjadikan penderita tak dapat melakukan aktivitas berlebihan, karena pemaksaan kinerja jantung berlebihan akan menimbulkan sakit di bagian dada, dan kadang dapat menyebabkan tubuh menjadi kebiru-biruan. Penderita lemah otot jantung juga mudah pingsan.

Kemudian, adanya celah antara serambi kanan dan serambi kiri disebabkan karena tidak sempurnanya pembentukan lapisan yang memisahkan antara kedua serambi saat penderita masih di dalam kandungan. Hal itu menyebabkan darah bersih dan darah kotor tercampur.

Hal itu juga membuat penderita tidak dapat melakukan aktivitas berat, karena dapat dipastikan akan membuat tubuh penderita menjadi biru dan sesak napas, meski tidak menyebabkan rasa sakit di dada. Ada pula variasi dari penyakit ini, yaitu penderitanya benar-benar hanya memiliki satu buah serambi.

Sedangkan serangan jantung adalah kondisi yang menyebabkan jantung sama sekali tidak berfungsi. Kondisi ini biasanya terjadi mendadak, dan sering disebut gagal jantung.

Penyebab gagal jantung bervariasi, namun penyebab utamanya biasanya adalah terhambatnya suplai darah ke otot-otot jantung, karena pembuluh-pembuluh darah yang biasanya mengalirkan darah ke otot-otot jantung tersumbat atau mengeras, entah karena lemak dan kolesterol, ataupun karena zat-zat kimia tertentu.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tubuh Manusia 8023451856234656458

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item