Dari Mana Asal Air Kelapa?


Di dalam buah kelapa terdapat air yang ada di tengah buah. Air kelapa itu bukan berasal dari hujan yang merembes dan masuk ke dalam kelapa, melainkan dari endosperm. Endosperm terbentuk dari penggabungan antara intisperma dan intipolar. Pada buah kelapa, endosperm bagian pinggir akan menjadi daging buah, sedangkan bagian tengahnya menjadi air kelapa.

Endosperm kaya akan zat-zat makanan, karena merupakan sumber makanan bagi embrio. Karena berasal dari endosperm, air kelapa juga kaya dengan zat-zat makanan. Hasil penelitian menunjukkan, air kelapa mengandung kalium hingga 17 %, gula antara 1,7% hingga 2,6%, dan protein 0,07% hingga 0,55%. Mineral lain yang juga terkandung dalam air kelapa di antaranya adalah natrium (Na), kalsium (Ca), magnesium (Mg), ferum (Fe), cuprum (Cu), fosfor (P), dan sulfur (S).

Selain mineral, air kelapa juga mengandung berbagai macam vitamin, seperti asam sitrat, asam nikotinat, asam pantotenal, asam folat, niacin, riboflavin, dan thiamin. Terdapat pula dua hormon alami pada air kelapa, yaitu auksin dan sitokinin sebagai pendukung pembelahan sel embrio kelapa.

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Related

Flora 2293825333125857281

Posting Komentar

  1. πŸ˜ŠπŸ™sangat membantu, terima kasihπŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
  2. Terima kasih broo saya slalu kepikiran air kelapa itu muncul dari mana πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus

emo-but-icon

Terbaru

Banyak dibaca

Hati-hati di Dunia Maya

Hati-hati di dunia maya. Orang yang kita sangka baik dan tampak seperti teman, ternyata bisa penjahat yang berbahaya.

Silakan baca:
item