Mengapa Tubuh Cheetah Berbercak-bercak Hitam?

Mengapa Tubuh Cheetah Berbercak-bercak Hitam? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/istimewa
Cheetah tergolong kelompok kucing besar. Namun, tidak seperti kucing besar lainnya, cheetah memiliki tubuh ramping dan kaki panjang dengan cakar yang agak tumpul.

Tubuhnya berwarna cokelat, dengan bulu kasar dan pendek, yang dihiasi bercak-bercak kecil di sekujur tubuhnya. Bercak-bercak hitam itu akan tampak semakin tajam bila sinar matahari mengenai tubuhnya.

Warna tubuh cheetah, dengan bercak-bercak hitamnya, serasi dengan warna alami lingkungan tempat tinggalnya. Karenanya, bercak-bercak hitam pada tubuh itu memungkinkan cheetah untuk menyamar di padang rumput.

Bila hewan ini berada di tengah-tengah rerumputan kering yang tinggi, keberadaannya nyaris tak terlihat. Hal semacam itu disebut kamuflase, suatu kemampuan alami yang dimiliki hewan dalam mempertahankan diri.

Cheetah dewasa memiliki tubuh seberat 31 sampai 64 kilogram, dengan panjang 105 sampai 152 sentimeter, dan panjang ekornya sekitar 51 sampai 87 sentimeter. Cheetah jantan memiliki tubuh dan kepala yang lebih besar dibanding cheetah betina, meski kita mungkin sulit membedakan keduanya jika mereka sendirian.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Hewan Darat 7591680629371601344

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item