Mengunyah Permen Karet ternyata Bisa Mengikis Email Gigi

Mengunyah Permen Karet ternyata Bisa Mengikis Email Gigi, Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/inspirasidata.com
Tahu tidak, permen karet bebas gula—yang selama ini dikabarkan bisa membantu  membersihkan permukaan gigi dari sisa-sisa makanan, sehingga kebersihan gigi tetap terjaga—ternyata memiliki dampak buruk yang sebelumnya tak diketahui.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan tim dari Universitas Boston, Helsinki, dan South Nevada, diketahui bahwa produk pengganti gula pada permen karet bebas gula dapat meningkatkan keasaman mulut yang bisa berakibat mengikis email gigi, terutama bila permen karet tersebut mengandung rasa buah-buahan.

Email gigi adalah lapisan keras yang melindungi gigi. Jika enamel gigi kita terkikis dan lama-lama menipis, maka tentu akan berdampak buruk pula pada kesehatan gigi kita.

Penemuan itu tentu saja seperti menghantam saran dokter sebelumnya, yang menyarankan agar kita mengunyah permen karet bebas gula setelah makan, sebagai alternatif untuk menjaga kesehatan gigi. Seperti yang selama ini diketahui, kelompok pengganti gula alkohol atau poliol, termasuk xylitol dan sorbitol—yang terdapat pada permen karet—dikatakan mampu menurunkan risiko gigi berlubang.

Dari penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa kelompok pengganti gula alkohol dalam permen karet bebas gula tidak selamanya ramah terhadap gigi kita, karena mereka memiliki efek samping tersendiri.

“Masyarakat harus tahu bahwa ada risiko pengikisan gigi yang disebabkan asam aditif, juga adanya efek samping seperti gangguan lambung dan diare osmotik,” kata peneliti dari Universitas Boston.
       
Menanggapi hasil penelitian tersebut, juru bicara perusahaan permen karet Wrigley menyatakan bahwa permen karet bebas gula memiliki banyak manfaat untuk kesehatan gigi, selama tidak dikonsumsi dalam jumlah besar.

Sementara itu, Profesor Damien Walmsley, dari British Dental Association, juga memberi pernyataan bahwa sangat penting untuk berhati-hati terhadap segala jenis makanan yang mengandung rasa atau asam buah.

“Mengunyah permen karet bebas gula setelah makan dapat mengurangi risiko pembusukan gigi,” katanya. “Namun, bila kita tidak ingin mengalami pengikisan gigi, sebaiknya jangan memilih produk yang mengandung rasa buah.”
        
Ia juga menambahkan, bahwa yang paling penting dalam merawat gigi adalah selalu menyikat gigi dua kali sehari, dan rutin ke dokter gigi.

Hmm… bagaimana menurutmu?

Related

Tubuh Manusia 4640882579891829807

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item