Dari Mana Asal Simbol Pria dan Wanita?

Lambang atau simbol pria dan wanita adalah salah satu simbol terkenal di dunia, karena digunakan secara universal di negara mana pun. Pria ...


Lambang atau simbol pria dan wanita adalah salah satu simbol terkenal di dunia, karena digunakan secara universal di negara mana pun. Pria disimbolkan gambar lingkaran dengan anak panah (♂), sedang wanita disimbolkan gambar lingkaran dengan tanda silang (♀).

Keberadaan simbol itu sudah cukup lama di dunia. Pada tahun 1753, misalnya, kedua simbol itu telah muncul dalam buku berjudul Species Plantarum. Berdasarkan penelusuran, simbol pria dan wanita itu juga telah ditemukan pada peninggalan-peninggalan kuno zaman prasejarah.

Sebelum ada tulisan, orang-orang di zaman prasejarah menggunakan simbol dan gambar untuk berkomunikasi. Di zaman sekarang, para ahli pun mencari hubungan mengapa simbol-simbol tersebut digunakan untuk menunjukkan pria dan wanita. Beberapa ahli berpendapat simbol pria (♂) menunjukkan bahwa laki-laki pada zaman itu dikenal sebagai pemburu bersenjata tombak atau panah, sedang simbol wanita (♀) sebagai penggambaran yang menunjukkan perempuan yang cenderung suka bercermin (lambang ♀ dianalogikan sebagai cermin bergagang).

Ada pula yang berpendapat bahwa simbol-simbol itu telah mengalami perubahan dari masa ke masa, yang diturunkan dari bentuk fisik pria dan wanita. Yang jelas, kedua simbol itu sampai sekarang digunakan untuk menandai laki-laki dan perempuan.

Hmm… ada yang mau menambahkan?



Related

Umum 5366647980710127847

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item