Apa sih Magna Charta itu?

Dalam bahasa Latin, Magna Charta memiliki arti “Perjanjian Besar”. Magna Charta adalah dokumen yang disetujui oleh Raja John di Runnymede p...


Dalam bahasa Latin, Magna Charta memiliki arti “Perjanjian Besar”. Magna Charta adalah dokumen yang disetujui oleh Raja John di Runnymede pada tahun 1215.

Pembuatan dokumen Magna Charta diawali perlakuan Raja John yang kejam terhadap warga Inggris. Ia juga memerintahkan penarikan uang atau pajak untuk membiayai perang-perangnya. Akibat perbuatannya tersebut, Raja John pun tidak populer bagi rakyat Inggris, terutama bagi para baron dan kaum bangsawan, karena mereka dituntut membayar pajak dalam jumlah besar.

Akhirnya, para baron dengan didukung rakyat Inggris memberontak, dan hasilnya adalah pembuatan dokumen Magna Charta, yang disetujui dan disepakati oleh Raja John. Dokumen itu kemudian diubah namanya menjadi Royal Charter, dan dikirimkan kepada sheriff di semua daerah Inggris. Meski begitu, nama Magna Charta lebih terkenal, dan dokumen itu berpengaruh besar pada sejarah Inggris, serta menandai langkah pertama menuju pemerintahan konstitusional, atau pemerintahan berdasarkan hukum.

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Related

Sejarah 8167193277032789223

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item