Mengapa Kecepatan Kapal Disebut Knot?

Di masa lalu, kecepatan kapal diukur dengan cara melemparkan tali yang diikatkan pada sebatang kayu. Terdapat simpul-simpul di sepanjang ta...


Di masa lalu, kecepatan kapal diukur dengan cara melemparkan tali yang diikatkan pada sebatang kayu. Terdapat simpul-simpul di sepanjang tali itu, dan pelaut menghitungnya dengan membiarkan tali melewati tangannya. Kecepatan kapal adalah jumlah simpul yang melewatinya dalam jangka waktu tertentu.

Simpul atau knot (dalam bahasa Inggris) itulah yang kemudian digunakan sebagai satuan kecepatan kapal, dan satu knot adalah kecepatan satu mil laut per jam. Mil laut sedikit lebih jauh dibanding mil daratan. Satu mil laut setara dengan 1.852 meter, atau 2.025 yard.

Catatan tambahan: Dulu, jarak yang sudah ditempuh kapal dimasukkan ke dalam buku catatan perjalanan kapal, yang disebut log book, karena adanya log (kayu) pada ujung tali yang digunakan untuk mengukur kecepatan kapal. Karena itu pula, hingga sekarang, buku catatan perjalanan kapal disebut log book.

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Related

Umum 2651739424641720355

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item