Mengapa Tentara Menaikkan Tangan untuk Menghormat?

Menghormat dengan cara menaikkan tangan ke kepala tidak hanya dilakukan oleh tentara, karena juga dilakukan pada upacara-upacara tertentu y...


Menghormat dengan cara menaikkan tangan ke kepala tidak hanya dilakukan oleh tentara, karena juga dilakukan pada upacara-upacara tertentu yang dilakukan oleh kalangan sipil. Namun memang kebiasaan itu lebih tampak pada tentara yang biasa menghormat atasannya setiap kali bertemu, dengan cara menaikkan tangan membentuk tanda menghormat. Bagaimana “budaya” itu bermula?

Budaya itu dimulai pada Zaman Pertengahan. Di masa itu, para ksatria bersenjata punya kebiasaan mengangkat klep depan topi besinya ketika bertemu seseorang, sebagai tanda penghormatan dan persahabatan. Pada masa itu, topi besi para ksatria menutupi hampir seluruh wajah. Karenanya, dengan membuka atau menaikkan klep topi besinya, itu sama artinya dengan menunjukkan wajahnya pada orang lain yang dituju.

Di masa modern, para tentara tidak lagi memakai topi besi yang dilengkapi klep semacam itu. Sebagai gantinya, mereka mengangkat tangan ke kepala sebagai tanda penghormatan.

Sekadar catatan, pasukan bersenjata tertua di dunia adalah Swiss Guard, di Vatican City, Roma, Italia. Pasukan itu dibentuk sekitar abad ke-15.

Hmm… ada yang mau menambahkan?



Related

Umum 4676583740188772940

Posting Komentar

  1. request dong, asal usulnya hormatnya Nazi Jerman zaman Hitler dulu kan beda sama hormat kebanyakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menarik. Coba nanti tak cari asal usulnya.

      Hapus
    2. sip :)
      soalnya dari dulu penasaran aja
      dan belum nemu alasannya sampe sekarang

      Hapus

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item