Siapa yang Pertama Terbang Melintasi Atlantik?

Ada dua orang yang tercatat sebagai orang pertama yang melintasi samudera Atlantik, yaitu Kapten John Alcock dan Letnan Arthur Whitten-Brow...


Ada dua orang yang tercatat sebagai orang pertama yang melintasi samudera Atlantik, yaitu Kapten John Alcock dan Letnan Arthur Whitten-Brown.

Pada tahun 1913, Lord Northcliffe, seorang pemimpin surat kabar, menawarkan hadiah sebesar £10.000 bagi orang pertama yang mampu terbang nonstop menyeberangi samudera Atlantik. Saat itu baru empat tahun setelah penerbangan pertama menyeberangi selat Inggris, dan penerbangan menyeberangi Atlantik sejauh 3.060 kilometer dianggap mustahil, karena pesawat di masa itu paling jauh hanya mampu terbang dalam jarak 1.500 kilometer.

Pada akhir Perang Dunia I, para ahli mesin aeronautika mulai serius memikirkan tantangan melintasi Atlantik dengan pesawat terbang. John Alcock, seorang pilot kepala pengujian pesawat, memikirkan tantangan itu dengan saksama selama menjadi tawanan perang. Kebetulan, dia bertemu dengan Arthur Whitten-Brown, yang juga serius mempelajari navigasi udara selama berada di rumah sakit ketika perang.

Maka dua orang itu pun menyatukan pemikirannya, dan mereka berhasil tinggal landas dari Newfoundland di Kanada, pada Juni 1919, dengan pesawat mereka yang memliki dua mesin Rolls Royce. Setelah melalui perjalanan berat, kedua orang itu jatuh di tanah berlumpur di Irlandia, dan berhasil mencatatkan diri dalam sejarah penerbangan sebagai orang pertama yang terbang melintasi samudera Atlantik.

Hmm… ada yang mau menambahkan?



Related

Tokoh 7504257279574524610

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item