Siapakah Alexander Agung?

Alexander Agung adalah raja Macedonia (Yunani Utara) ketika berusia 20 tahun, pendiri kota Alexandria, sekaligus jenderal terhebat dalam se...


Alexander Agung adalah raja Macedonia (Yunani Utara) ketika berusia 20 tahun, pendiri kota Alexandria, sekaligus jenderal terhebat dalam sejarah. Dilahirkan di Pella, ibukota Macedonia, pada 356 SM, Alexander Agung adalah putra Raja Philip II, seorang pejuang tangguh yang menaklukkan wilayah sekitar Yunani.

Pada waktu remaja, Alexander Agung dibimbing oleh Aristoteles, seorang filsuf terkenal. Melalui kebijaksanaan yang diperolehnya, Alexander Agung bisa menjinakkan Buchepalus, kuda hebat yang sulit ditunggangi. Bersama kuda itu pula, ia kemudian pergi ke India, dan menamai sebuah kota di sana dengan nama Buchapela, sebagai penghormatan kepada kudanya.

Pada 331 SM, Alexander Agung memimpin pasukannya ke Mesir, dan menjadi seorang Fir’aun, serta mendirikan kota Alexandria. Hanya dalam waktu 9 tahun dia berhasil mendirikan kekaisaran yang luas, terbesar di dunia. Kemudian, pada 327 SM, dia menikahi Roxana, ratu Bactria yang cantik.

Tidak lama setelah itu, Alexander Agung menguasai kota Babylon, lalu memimpin pasukannya ke India. Dari India, ia memerintahkan agar dibuatkan kapal untuk membawa pasukannya menyusuri sungai Indus, dan kembali ke Babylonia pada 325 SM. Tak lebih dari setahun sejak itu, ia jatuh sakit dan meninggal. Menjelang kematiannya, konon ia merasakan kelegaan yang menyenangkan di Taman Gantung Babylonia.

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Related

Tokoh 1086125481862188197

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item