Siapakah Saladin?

Saladin, atau Salahudin Al-Ayubi, adalah pemimpin Muslim yang menyatukan orang-orang Muslim dan mengalahkan pasukan Kristen dalam Perang Sa...


Saladin, atau Salahudin Al-Ayubi, adalah pemimpin Muslim yang menyatukan orang-orang Muslim dan mengalahkan pasukan Kristen dalam Perang Salib.

Saladin adalah orang Kurdi, yang lahir di daerah Tekrit (sekarang Irak), pada tahun 1137, namun besar di Syiria. Dia telah menjadi prajurit pada waktu berusia 14 tahun, dan segera dikenal sebagai prajurit hebat. Karena kepemimpinannya yang dikagumi, Saladin kemudian diangkat menjadi Sultan di Mesir.

Melalui diplomasi dan penaklukan, Saladin kemudian menyatukan negara-negara Islam yang terpecah-pecah akibat persaingan selama 88 tahun sejak pasukan Saladin merebut Yerusalem pada 1099. Dengan kaum Muslim yang telah bersatu, Saladin mengalihkan perhatiannya untuk mengusir Pasukan Salib dari wilayah Timur Dekat.

Pada 4 Juli 1187, Saladin berhasil mengusir Pasukan Salib dari Hatin, Palestina, dan kemenangan itu sangat mencengangkan karena hanya dalam waktu 3 bulan kaum Muslim dapat merebut kembali hampir semua tanah mereka yang hilang.

Jatuhnya Yerusalem ke tangan Muslim membuat Pasukan Salib geram, dan mengirim Richard the Lionheart ke Yerusalem. Akhirnya, Saladin dan Richard bertemu dengan perasaan saling kagum, dan mereka bersepakat melakukan gencatan senjata yang mengakhiri Perang Salib ketiga.

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Related

Tokoh 2734547313226022207

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item