Mengapa Letak Tombol Keyboard Komputer Tidak Beraturan?

Mengapa Letak Tombol Keyboard Komputer Tidak Beraturan? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/tampang.com
Mungkin akan lebih bagus dan tampak teratur, jika tombol huruf di keyboard komputer kita dimulai dari A dan berakhir dengan huruf Z. Sayangnya, susunan huruf di keyboard komputer kita tidak teratur, karena dimulai dari huruf Q dan diakhiri huruf M. Mengapa susunan atau letak tombol keyboard komputer kacau tak beraturan seperti itu?

Tombol keyboard yang kita gunakan saat ini meniru tombol atau tuts mesin ketik. Pada tahun 1873, ketika mesin ketik modern ditemukan oleh Christopher Latham dan teman-temannya, mereka menyusun huruf-huruf di mesin ketik secara urut, dimulai dari A, dan diakhiri oleh Z. Tetapi, susunan tersebut sering mengakibatkan batang tombol-tombol huruf saling bentrok, jika si pengetik bisa mengetik dengan cepat.

Akhirnya, untuk mengatasi masalah tersebut, susunan tombol mesin ketik pun sengaja “diacak” tak beraturan, dengan maksud agar huruf-huruf yang paling sering dipakai dalam bahasa Inggris terletak saling berjauhan. Hasilnya, tombol mesin ketik dimulai huruf Q, diikuti W, lalu E, R, T, Y, dan seterusnya.

Rancangan yang kemudian terkenal dengan sebutan QWERTY itu terbukti lebih efektif dibanding rancangan sebelumnya—dengan susunan huruf yang berurutan—dan rancangan itu pula yang lalu diikuti keyboard komputer kita.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 7260218962831282767

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item