Siapakah Genghis Khan?

Siapakah Genghis Khan? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/grid.id
Genghis Khan adalah pemimpin bangsa Mongolia yang berhasil menyatukan seluruh suku Mongolia di Asia Tengah, dan menciptakan imperium darat terbesar yang pernah ada di dunia. Karena itu pulalah namanya terus dikenang hingga di masa kini.

Dilahirkan dengan nama Temujin pada tahun 1167, ia adalah putra seorang kepala suku minoritas. Dalam peperangan antar suku, ayahnya diracun oleh suku musuh, dan Temujin pun menggantikannya sebagai kepala suku. Ia segera menunjukkan dirinya sebagai pejuang yang gagah berani dalam setiap pertempuran, hingga kemudian dijuluki “Genghis Khan” yang artinya “Penguasa Besar” pada tahun 1206.

Pada waktu itu, Mongolia adalah bangsa yang kejam. Ketika menyerang sebuah kota, mereka akan memisahkan wanita, anak-anak, dan pembuat senjata, lalu membunuh sisanya. Ketika menyerang kota Merv, misalnya, mereka membunuh sekitar 700.000 orang. Di dalam kekejaman itulah, pasukan Genghis Khan menunjukkan kekuatan mereka yang tiada tanding.

Dalam pertempuran, pemanah berkuda Genghis Khan bisa membunuh dari jarak 180 meter sambil berkuda dengan kecepatan penuh. Mereka juga dapat menunggang kuda sejauh 440 kilometer hanya dalam tiga hari.

Pada tahun 1211, pasukan Genghis Khan melakukan invasi ke Cina, dan berhasil menerobos Tembok Besar Cina. Pada tahun 1215, mereka menguasai Peking, dan Cina Utara pun takluk, yang artinya wilayah kekuasaan Mongolia menjadi yang terbesar di masa itu—terbentang dari Hongaria sampai Korea, termasuk sebagian besar Asia.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 6388184292096760830

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item