Benarkah Terlalu Banyak Kerja Bisa Berisiko Kematian?

Benarkah Terlalu Banyak Kerja Bisa Berisiko Kematian? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/jobsmart.com
Bagaimana pun, bekerja dibutuhkan untuk menunjang kebutuhan hidup. Namun, terlalu banyak bekerja—apalagi dilakukan secara terus-menerus—tentu bisa berbahaya, khususnya bagi kesehatan pelakunya.

Sekelompok tim dokter dari Skotlandia melakukan penelitian selama empat tahun, dan mereka menemukan bahwa terlalu banyak bekerja bisa meningkatkan risiko kematian. Risikonya cukup besar, yakni sampai empat kali lebih besar dibanding orang yang bekerja dengan volume pekerjaan normal.

Para peneliti melakukan pengamatan terhadap 1.000 pasien yang menginap selama dua hari di 13 rumah sakit Skotlandia selama tiga periode. Mereka menyatakan, “Pasien yang masuk ke ICU (Intensive Care Unit) karena terlalu banyak bekerja lebih banyak jumlahnya daripada yang bekerja tidak seperti mereka (dalam batas yang normal).”

Hasil penelitian itu telah dipublikasikan di The Lancet, salah satu jurnal kedokteran terkemuka. Lim Suet Wun, Kepala National University Hospital, menanggapi hasil penelitian itu dengan menyatakan bahwa memang ada hubungan yang jelas antara orang yang terlalu banyak bekerja dengan tingkat keparahan sakit dan kematian.

Hmm… bagaimana menurutmu?

Related

Umum 5453336899253666109

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item