Sepak Bola Bisa Mengatasi Obesitas

Kabar gembira bagi yang hobi sepak bola, karena olahraga ini bisa mengatasi masalah obesitas. Kenyataan itu terungkap dari sebuah studi di ...


Kabar gembira bagi yang hobi sepak bola, karena olahraga ini bisa mengatasi masalah obesitas. Kenyataan itu terungkap dari sebuah studi di Skotlandia, yang menunjukkan bahwa bermain sepak bola membantu banyak pria mengurangi berat badan, dan bisa menjadi strategi efektif untuk mengatasi masalah obesitas pada pria. Hasil studi itu dipublikasikan di jurnal ilmiah The Lancet.

Profesor Kate Hunt dari Unit Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Sosial University of Glasgow di Inggris dan rekan-rekannya melakukan penelitian terhadap 747 pria penggemar sepak bola berusia 35-65 tahun, dari 13 klub penggemar sepak bola di Skotlandia.

Dalam studi itu, para peneliti secara acak membagi peserta menjadi dua bagian, untuk mengikuti program pengurangan berat badan bersama pelatih sepak bola komunitas selama 12 sesi yang dilakukan setiap pekan.

Sebanyak 374 pria dalam kelompok yang mendapat intervensi memulai program pengurangan berat badan dalam tiga minggu, dan 374 pria lainnya dalam kelompok pembanding masuk dalam daftar tunggu selama 12 bulan. Namun semua peserta mendapat panduan pengaturan berat badan selama menjalani program tersebut.

Setelah 12 bulan, peneliti mencatat rata-rata penurunan berat badan pada 333 pria (89 persen) dari kelompok intervensi, dan 355 pria (95 persen) dari kelompok pembanding yang menyelesaikan program tersebut. Dalam satu tahun itu, perbedaan rata-rata penurunan berat badan antara dua kelompok tersebut 4,94 kilogram.

Para peneliti menyatakan program itu bisa efektif menurunkan berat badan, karena para peserta menikmati program pengurangan berat badan khusus untuk pria, sekaligus menyalurkan hobi sepak bola mereka.

Hmm… bagaimana menurutmu?


Related

Studi 273294454073454765

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item