Siapa Penemu Lift, dan Kapan Lift Pertama Dipasang di Dunia?

Siapa Penemu Lift, dan Kapan Lift Pertama Dipasang di Dunia? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/kalealifts.com
Lift adalah angkutan transportasi vertikal yang digunakan untuk mengangkut orang atau barang. Uumumnya, lift digunakan di gedung-gedung bertingkat tinggi—biasanya lebih dari tiga atau empat lantai. Sementara gedung-gedung yang lebih rendah biasanya hanya mempunyai tangga atau eskalator.

Lift pada zaman modern memiliki tombol-tombol yang dapat dipilih penumpangnya sesuai lantai tujuan mereka. Terdapat tiga jenis mesin, yaitu hidrolik, traksion atau katrol tetap, dan hoist atau katrol ganda. Jenis hoist memiliki dua macam, yaitu hoist dorong dan hoist tarik.

Siapa penemu lift tidak diketahui. Namun, orang yang dianggap sebagai pionir dalam bidang lift adalah Elisha Graves Otis. Semula, lift adalah derek yang terbuat dari tali. Pada 1853, Elisha Graves Otis memperkenalkan lift yang menghindarkan jatuhnya ruang lift jika kabelnya putus. Rancangannya mirip dengan jenis mekanisme keamanan yang masih digunakan hingga kini.

Pada 23 Maret 1857, lift pertama hasil kreasi Elisha Graves Otis dipasang di New York City. Kemudian, pada 1880, lift pertama yang menggunakan listrik dibuat oleh Werner von Siemens.

Seiring bergantinya tahun, lift semakin canggih dan modern. Pada 2004, gedung Taipei 101 di Taipei, Taiwan, memasang lift penumpang tercepat di dunia. Kecepatannya 1.010 meter per menit atau 60,6 kilometer per jam saat naik, dan 600 meter per menit atau 36 kilometer per jam saat turun. Lift yang dibuat perusahaan Toshiba itu dipasang dari lantai 5 sampai lantai 89.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

__________________________

Catatan terkait:
Apa Perbedaan Eskalator dan Elevator?
Apa Hubungan Kucing dengan Wanita?

Related

Tokoh 6495713978341315439

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item