Apa Perbedaan 1G, 2G, 2,5G, 3G, 3,5G, dan 4G?

1G adalah teknologi nirkabel awal, yang ditemukan pertama kali pada 1980 di Amerika dan Eropa, ketika teknologi jaringan mulai dikembangkan...


1G adalah teknologi nirkabel awal, yang ditemukan pertama kali pada 1980 di Amerika dan Eropa, ketika teknologi jaringan mulai dikembangkan. Teknologi 1G menandai standar baru teknologi jaringan, ketika campur tangan manusia sudah tidak terlalu dibutuhkan, hingga semuanya benar-benar otomatis. Pada wujud ponsel, teknologi 1G ditandai dengan bentuknya yang relatif kecil, meski kita di zaman sekarang mungkin menganggapnya berukuran besar.

2G adalah teknologi nirkabel digital, yang lahir pada awal 1990-an, yang memiliki banyak kelebihan dibandingkan teknologi jaringan analog (1G). Misalnya suara lebih jernih, keamanan lebih terjaga, dan kapasitas yang lebih besar. GSM dan CDMA mewakili generasi 2G dari teknologi jaringan nirkabel. Teknologi 2G memang bisa dibilang cukup bagus, tapi belum mampu memenuhi kebutuhan pengguna ponsel yang makin hari makin butuh layanan lebih baik dan lebih lengkap.

2,5G adalah terobosan yang dilakukan pada generasi kedua (2G), yang lahir pada 1997, dengan mengandalkan GPRS (General Packet Radio Service). GPRS merupakan akar yang kelak melahirkan teknologi 4G. Perbedaan paling mencolok antara 2G dengan 2,5G adalah pada akses internet yang lebih leluasa, serta kecepatannya. Secara teori, kecepatan GPRS mampu mencapai 100 kbps, meski dalam praktiknya hanya berkecepatan sekitar 40 kbps.

3G lahir antara tahun 2001-2003, yang diharapkan bisa menjadi pengganti teknologi yang lebih baik dari GPRS. Teknologi 3G mengandalkan EDGE (Enhanced Data for Global Evolution), yaitu teknologi perkembangan dari GSM, yang memiliki kecepatan rata-rata tiga kali dari kecepatan GPRS. Secara teori, kecepatan akses EDGE sekitar 384 kbps.

3,5G yang juga sering disebut HSDPA (High Speed Downlink Packet Access) adalah teknologi yang merupakan pengembangan dari teknologi 3G. HSDPA sering disebut generasi 3,5 (3,5G) karena masih berjalan pada platform 3G. Secara teori, kecepatan akses data HSDPA sama seperti 3G, yaitu 480 kbps.

4G adalah singkatan fourth-generation technology. Istilah ini umumnya mengacu pada pengembangan teknologi nirkabel. 4G merupakan pengembangan dari teknologi 3G. Teknologi 4G diharapkan memiliki kecepatan 500 kali dari teknologi sebelumnya. Sistem 4G akan dapat menyediakan solusi IP yang komprehensif, sehingga suara, data, dan arus multimedia, bisa sampai pada pengguna kapan saja dan di mana saja, pada rata-rata data lebih tinggi dari generasi sebelumnya.

Hmm… ada yang mau menambahkan?



Related

Iptek 8640256805825512697

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item