Bagaimana Gunung Terbentuk?

Gunung berapi dapat terbentuk ketika lava dari tempat yang jauh di dalam bumi mengalami pendinginan, dan mengeras di permukaan. Gunung lain...


Gunung berapi dapat terbentuk ketika lava dari tempat yang jauh di dalam bumi mengalami pendinginan, dan mengeras di permukaan.

Gunung lain terbentuk ketika ada dua buah lempeng bergerak saling mendekati dengan tekanan tinggi atau di tempat lempeng samudera yang terdorong ke bawah lempeng benua. Tekanan menyebabkan tanah di dekat tepi pertemuan mengalami patahan dan terlipat. Tanah terdorong ke atas untuk kemudian membentuk pegunungan.

Akhirnya, kerak bumi dapat patah dan menciptakan patahan yang berarti terdapat bongkahan tanah besar yang bisa bergerak ke atas atau ke bawah. Patahan dalam batuan biasanya terjadi ketika banyak tekanan pada batuan tersebut. Pembentukan gunung adalah proses yang berlangsung lambat dan terjadi selama berabad-abad.

Sekadar catatan, puncak gunung sering terlihat dikelilingi awan yang berlapis-lapis. Hal itu disebabkan oleh angin yang membawa uap air bertiup ke arah gunung. Angin itu dipaksa naik, dan temperaturnya turun. Uap air mengalami kondensasi menjadi awan di tempat yang tinggi.

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Related

Nature 1379071016758285994

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item