Bagaimana Pilot Pesawat Mencari Jalan?

Kita yang biasa berkendara di darat mungkin tidak terlalu kebingungan dalam mengendalikan kendaraan dan mencari jalan yang ingin dituju, ka...


Kita yang biasa berkendara di darat mungkin tidak terlalu kebingungan dalam mengendalikan kendaraan dan mencari jalan yang ingin dituju, karena arah jalan serta rambu-rambu ada di mana-mana serta sangat mudah dikenali. Tapi bagaimana pilot pesawat terbang mencari jalan di udara?

Di dalam pesawat terbang terdapat kompas yang berfungsi menunjukkan arah bagi pilot. Kompas selalu menunjuk ke arah utara. Jika jarum kompas menunjuk arah utara, maka arah selatan, timur, dan barat, dapat diketahui dengan mudah. Selain itu, di depan pilot ada panel instrumen navigasi. Melalui panel navigasi itu pilot akan bisa mengetahui apakah pesawat mendatar atau tidak. Dalam mengendalikan pesawat terbang, pilot menggunakan kompas dan panel navigasi untuk mengarahkan pesawat.

Kemudian, perjalanan di udara juga dibantu satelit yang akan memandu sang pilot di udara. Selama terbang di udara, pesawat mengirimkan gelombang listrik khusus di atas tanah. Gelombang listrik yang sampai ke bumi itu akan dipantulkan kembali ke satelit, yang lalu mengirim informasi kepada pilot mengenai posisi pesawat dengan jelas. Dengan segala instrumen itu, pilot pun tidak sampai kesasar atau salah jalan meski melaju di udara.

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Related

Iptek 2226420154715723180

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item