Negara-negara mana yang Terbaik untuk Wisata Kuliner?

 Negara-negara mana yang Terbaik untuk Wisata Kuliner?
Ilustrasi/istimewa
Industri pariwisata di berbagai negara terus berusaha memperbaiki dan memajukan diri, dengan tujuan semakin banyak mendapat kunjungan wisatawan mancanegara. Apalagi di masa sekarang, ketika traveling atau wisata telah menjadi bagian gaya hidup, tidak hanya bagi orang-orang dari negara maju, tapi juga masyarakat dari negara berkembang.

Dibanding masa lalu, industri wisata di masa sekarang telah jauh berubah. Jika di masa lalu orang berwisata umumnya hanya untuk menikmati pemandangan baru di negara-negara yang dikunjungi, sekarang arena wisata mulai merambah wilayah lain, di antaranya kuliner.

Masakan khas di masing-masing negara kini telah menjadi daya tarik tersendiri, selain keindahan alam dan pesona budayanya.

Karenanya pula, para wisatawan pun kini memiliki tujuan khusus ketika berniat mengunjungi suatu negara. Tidak hanya ingin menikmati pesona negara yang dikunjungi, tetapi juga ingin menikmati sajian masakannya, yang lazim disebut wisata kuliner. Dalam hal ini, ada beberapa negara yang terkenal sebagai tempat wisata kuliner terbaik. Berikut ini di antaranya.

Yunani

Bagi masyarakat Indonesia, masakan Yunani mungkin belum begitu populer. Namun negara ini terkenal sebagai negara tujuan wisata kuliner bagi para wisatawan mancanegara.

Yunani tahu bagaimana membuat masakan dengan bahan segar, dengan bumbu yang mudah, namun menghasilkan cita rasa yang lezat sekaligus unik. Dengan sayuran yang terbaik, ikan segar yang ditangkap langsung dari laut Mediterania, hingga keju berkualitas, adalah beberapa hal yang selalu diperhatikan para juru masak di Yunani, sehingga mampu menghasilkan makanan yang benar-benar enak.

Salah satu masakan terkenal di Yunani adalah moussaka. Moussaka adalah hidangan mirip lasagna ala Italia, namun memiliki cita rasa dan kelezatannya sendiri. Biasanya, moussaka dibuat dengan daging kambing atau domba yang diberi anggur putih.

Jika lasagna dibuat menggunakan pasta berbentuk lembaran, moussaka menggunakan irisan terong. Lapisan daging dan terong itu dilapisi saus krim yang lezat, kemudian dipanggang. 

India

Banyak daerah India yang memiliki sajian masakan yang khas. Di India bagian selatan, misalnya, hidangan utamanya berupa nasi. Sementara di India utara lebih familier dengan roti. Sementara daging, keju, ikan, dan sayuran, biasanya disajikan dengan berbagai rempah-rempah yang menjadi karakteristik masakan India. Umumnya sajian itu memiliki bau yang tajam, namun rasanya lezat.

Salah satu makanan terkenal India adalah palak paneer. Kadang disebut juga dengan nama saag paneer. Makanan ini adalah perpaduan antara keju ala India yang lembut dan mirip cottage cheese (paneer) dan bayam yang dihaluskan hingga menjadi saus yang berempah. Palak paneer bisa disajikan sebagai makanan sampingan, atau disantap sebagai menu utama.

Austria

Seperti umumnya di Eropa, makanan Austria juga terkesan berkelas, dengan nama-nama yang kadang cukup sulit diucapkan lidah orang Indonesia. Yang paling terkenal dari Austria tentu pastry dan cake. Kenyataannya, Eropa memang terkenal dalam hal sajian kue dengan ciri khas selai.

Namun, selain itu, ada beberapa makanan lain yang juga terkenal, yang biasanya menjadi tujuan para wisatawan berdatangan ke sana. Di antaranya adalah apfelstrudel, yaitu pastry yang diisi apel, kayu manis, dan kismis.

Kemudian sachertorte, kue cokelat dengan selai aprikot. Ada pula kaiserschmarrn, pancake dengan selai raspberry, dan wiener schnitzel, makanan berupa daging tanpa tulang dengan roti kering dan saus lemon atau raspberry. Makanan-makanan itu sangat terkenal, dan menjadi ciri khas Austria.

Cina

Cina memiliki kekayaan kuliner yang pengaruhnya bisa dibilang ada di semua negara dunia. Di mana pun, nyaris bisa ditemukan rumah makan atau restoran yang menyediakan Chinese food atau makanan/masakan Cina. Bahkan, telur asin pun sebenarnya berasal dari Cina, yang merupakan makanan asli Guangdong, dan di sana disebut Ham aap dam.

Di Indonesia, restoran-restoran yang menyajikan hidangan Cina juga banyak bertebaran di mana-mana, dari yang sederhana sampai yang mewah. Selain nasi, warga Cina atau keturunan Cina juga menjadikan mie sebagai hidangan utama. Namun masakan Cina tidak hanya itu, karena ada dim sum, masakan daging bebek, dan lainnya.

Di Cina, salah satu makanan yang terkenal adalah Moo-shu pork. Hidangan khas Beijing ini semacam pancake yang filling-nya terdiri dari daging babi, telur, dan bermacam-macam sayuran. Bagi wisatawan Muslim, beberapa tempat menyediakan daging sapi sebagai pengganti daging babi.

Italia

Bisa dikatakan bahwa kuliner adalah komoditas ekspor terbesar Italia. Makanan-makanan Italia termasuk makanan paling terkenal di dunia, yang dinikmati berbagai negara, termasuk Indonesia.

Spageti, makaroni, lasagna, adalah sebagian kecil dari banyaknya makanan Italia yang kita kenal, bahkan akrab dengan kehidupan sehari-hari. Berbagai tempat di negara kita menghidangkan makanan itu, dari yang murah sampai yang mahal.

Selain makanan-makanan tersebut, kita juga tidak bisa melepaskan pizza, pasta, dan risotto, yang sama terkenalnya. Pizza dan pasta bahkan telah diadaptasi sesuai selera masing-masing negara. Ukuran ketebalan rotinya kadang disesuaikan kebutuhan, saus pastanya dibuat sesuai cita rasa lokal, dan lain-lain.

Di Italia, makanan yang paling diburu para wisatawan mancanegara adalah fritto misto. Fritto misto bisa dibilang kumpulan berbagai makanan yang digoreng. Yang paling terkenal adalah fritto misto buatan daerah Venice.

Di sana, fritto misto adalah platter berisi berbagai seafood segar yang dibalut sedikit tepung, lalu digoreng. Proses menggoreng cumi, udang, ikan, dan lain-lain dilakukan untuk mematangkan seafood, namun tetap mempertahankan kesegarannya. Hal itu menjadikan fritto misto ala daerah Venice sangat terkenal kelezatannya.

Indonesia

Indonesia termasuk salah satu negara yang sangat terkenal sajian kulinernya. Negeri ini memiliki ribuan macam dan jenis makanan, yang memiliki ciri khas dan cita rasa yang unik sesuai asal daerah. Ada masakan ala Padang, Madura, Jawa, Sulawesi, Bali, dan di masing-masing provinsi itu kadang masih terbagi lagi dengan sajian masakan khas di masing-masing kotanya.

Makanan-makanan Indonesia sangat dipengaruhi oleh Arab, Cina, India, dan barat. Soto, misalnya, adalah masakan dari Cina yang diadopsi masing-masing daerah di Indonesia, sehingga memunculkan sajian khasnya masing-masing, dengan bumbu dan rempah-rempah berbeda, meski tetap bernama soto.

Karena banyaknya sajian kuliner yang ada, Indonesia pun terkenal sebagai negara untuk tujuan wisata kuliner bagi para wisatawan mancanegara.

Prancis

Makanan Prancis terkenal mewah sekaligus mahal. Tidak hanya di negerinya sendiri, tapi juga yang ada di negara lain. Di Indonesia, ada cukup banyak restoran yang menyediakan makanan Prancis yang terkenal, semisal escargot dan foie gras, yang sama-sama mewah dan mahal. Lalu ada pula baguette, keju, champagne, hingga hati angsa.

Prancis termasuk negara yang memiliki kuliner sangat beragam. Setiap daerah di Prancis memiliki hidangan dengan ciri khasnya masing-masing.

Di Provence, misalnya, salah satu makanan yang terkenal adalah bouillabaisse (sejenis fish stew) dan ratatouille (semacam vegetable stew). Sementara daerah Loire Valley terkenal dengan makanan yang disebut tartes tatin (semacam apple tart), yang biasanya dijadikan dessert.

Jepang

Makanan Jepang tidak hanya populer di Indonesia, tetapi juga di negara-negara lain. Sushi, sashimi, tempura, ramen, teriyaki, yakiniku, takoyaki, dan lain-lain, dikonsumsi oleh banyak orang di berbagai belahan dunia. Begitu pula aneka snack ala Jepang yang umumnya renyah dan enak. Bagi para wisatawan, Jepang adalah destinasi penting untuk wisata kuliner.

Yang menjadikan masakan Jepang istimewa adalah rasanya yang netral. Makanan Jepang umumnya bisa diterima dengan mudah di lidah semua orang, termasuk orang-orang Eropa dan Amerika, selain orang Asia.

Umumnya, para wisatawan yang berkunjung ke Jepang menyempatkan diri untuk menikmati Udon noodles with seafood and vegetables yang banyak disediakan di kedai-kedai pinggir jalan. Meski sajian itu bisa dinikmati di negara-negara lain, tapi cita rasanya tetap berbeda ketika disantap di negeri asalnya.

Thailand

Bisa dibilang, karakteristik fisik penduduk dan alam Thailand hampir sama dengan Indonesia. Namun, dalam hal kuliner, Thailand memiliki ciri khas dan karakteristik sendiri yang unik. Sajian masakan Thailand umumnya memiliki cita rasa yang “ramai”, yang merupakan paduan antara asam, manis, dan pedas, karena penggunaan cabai, bawang putih, jeruk nipis, ketumbar, dan serai yang dominan di setiap hidangannya.

Ketika datang ke Thailand, banyak wisatawan yang tak melewatkan tom yum di sana. Di Thailand, tom yum adalah sup dengan citarasa asam dan pedas yang biasanya berisi udang, ayam, berbagai jenis seafood, serta jamur. Makanan itu sangat terkenal di Bangkok, dan banyak dijajakan di warung-warung makan di pinggir jalan.

Meksiko

Meksiko memiliki kuliner yang unik, dan lain dari yang lain, karena merupakan sajian tradisional yang dimodernisasi. Makanan-makanan Meksiko, yang tetap dinikmati sampai sekarang, telah ada sejak ribuan tahun lalu, dibawa oleh suku Indian Inka dan Aztek. Seiring kemajuan zaman, makanan-makanan tradisional itu telah mengalami modernisasi, khususnya pada cara masak.

Beberapa makanan terkenal Meksiko di antaranya adalah pambazo, flautas, champurrado, dan dulce de leche. Tapi yang paling terkenal dan sering diburu para wisatawan adalah chapulines, yaitu makanan berbahan jangkrik yang dibakar.

Korea

Korea telah terkenal dengan dramanya yang banyak diperankan para aktor dan aktris berwajah manis dan asian look. Namun Korea juga terkenal sebagai negeri yang menawarkan aneka kuliner khas, yang tidak bisa didapatkan di tempat lain.

Di antara makanan yang terkenal di Korea adalah bibimbap. Di masa lalu, bibimbap hanya dimakan oleh keluarga kerajaan, sehingga terkesan sebagai santapan bangsawan. Namun sekarang, siapa pun—termasuk wisatawan mancanegara—bisa menikmatinya. Bibimbap adalah makanan yang biasa muncul dalam drama-drama Korea. Bisa dibilang, bibimbap adalah nasi ramesnya Korea.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Makanan & Minuman 207127288627158790

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item