Untuk apa Barometer Dibuat dan Digunakan?

Barometer dibuat dan digunakan untuk mengukur perubahan tekanan udara. Tekanan udara bervariasi di berbagai bagian permukaan Bumi, dan perb...


Barometer dibuat dan digunakan untuk mengukur perubahan tekanan udara. Tekanan udara bervariasi di berbagai bagian permukaan Bumi, dan perbedaan itu menyebabkan angin bertiup. Udara bergerak dari daerah bertekanan tinggi atau suatu antisiklon, ke daerah bertekanan rendah atau suatu depresi (istilah dalam meteorologi untuk daerah bertekanan rendah).

Depresi biasanya berhubungan dengan kondisi cuaca yang menjadi semakin buruk dan hujan. Dalam barometer air raksa, tekanan udara menekan air raksa ke bawah, yang memaksa barometer menunjukkan hasil pembacaan secara akurat.

Tekanan udara paling tinggi terjadi di permukaan laut, yang besarnya sekitar 14,7 pound per inci persegi. Di permukaan laut, tekanan udaranya paling tinggi, karena itu adalah bagian atmosfer paling bawah. Di tempat yang lebih tinggi, tekanan udara menjadi lebih rendah.

Sekadar catatan, semakin tinggi kita naik, semakin kecil atau semakin rendah tekanan udara yang ada di sana. Karena itulah, pakaian ruang angkasa dan kabin pesawat yang terbang tinggi dilengkapi rancangan tekanan, untuk mempertahankan tekanan udara yang harus diterima tubuh kita.

Hmm… ada yang mau menambahkan?



Related

Iptek 7548301194217246826

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item