Apa yang Akan Terjadi jika Bumi Berhenti Berputar?

Apa yang Akan Terjadi jika Bumi Berhenti Berputar?
Ilustrasi/istimewa
Meski mungkin tidak kita sadari, Bumi yang kita tinggali terus berputar secara kontinyu untuk menghasilkan energi yang mampu membuat manusia tetap berpijak pada tempatnya, sebagaimana yang terjadi sekarang. Apa yang sekiranya akan terjadi pada kita jika Bumi berhenti berputar?

Jika Bumi berhenti berputar, maka yang pertama terjadi adalah tubuh kita akan terlempar dengan sangat cepat. Sebegitu cepat, hingga mampu membuat tubuh kita hancur menjadi remah-remah kecil. Hal yang sama juga terjadi pada makhluk lain, semisal hewan, atau benda-benda yang ada di sekitar kita. Sementara itu, di laut, tsunami raksasa akan terjadi, dan menyapu seluruh daratan.

Namun, diperkirakan, manusia atau makhluk hidup lain yang berada di sekitar kutub akan selamat, karena di kedua ujung Bumi itu gaya lempar yang terjadi tidak akan begitu terasa. Tetapi di sana akan muncul angin topan sangat besar, dengan kekuatan setara dengan ledakan bom atom. Efeknya, semua benda yang dilewatinya akan hancur terbakar.

Lalu bagaimana dengan orang-orang yang kebetulan sedang berada di pesawat terbang? Sesaat setelah Bumi berhenti berputar, kemungkinan besar mereka akan selamat. Tetapi, sesaat itu pula, angin topan sangat besar di permukaan Bumi akan menyapu seluruh transportasi udara yang sedang melintas.

Selain itu, topan super besar itu diperkirakan dapat menyebabkan erosi besar-besaran pada kerak bumi. Pegunungan-pegunungan tinggi seperti Himalaya di Nepal akan mengecil, bahkan memendek akibat terjangan angin itu.

Akhirnya, jika semua itu belum cukup, Matahari yang kemudian benar-benar membunuh seluruh makhluk hidup yang ada di Bumi melalui sinar ultravioletnya. Pada waktu Bumi berhenti berputar, lapisan inti Bumi akan berhenti berputar pula.

Padahal, gerakan inti Bumi adalah sumber seluruh lapisan magnetik yang melindungi Bumi dari serangan radiasi Matahari. Karenanya, ketika Bumi berhenti berputar, radiasi Matahari akan langsung masuk ke Bumi tanpa penghalang, dan efeknya tentu sangat mengerikan.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Sains 5970626549796927437

Posting Komentar

  1. ...dan saat itu terjadi, itulah yg dinamakan kiamat...

    BalasHapus
  2. Dan setelah itu lautan akan menuju ke kutub bumi karena adanya medan magnet. Dan sepanjang jalur khatulistiwa akan menjadi daratan yang luas.

    BalasHapus

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item