Apa Negara Paling Baru di Dunia?

Apa Negara Paling Baru di Dunia?
Ilustrasi/idntimes.com
Negara paling baru di dunia adalah Sudan Selatan, yang merdeka dari Sudan pada 9 Juli 2011. Sebelum itu, negara terbaru adalah Kosovo, yang mendeklarasikan kemerdekaannya dari Serbia pada Februari 2008.

Kemudian, Montenegro menjadi negara pada Juni 2006, setelah memisahkan diri dari Serbia. Sejak tahun 1990, ada 29 negara baru telah terbentuk. Negara yang paling banyak muncul berasal dari runtuhnya Uni Soviet (14 negara), dan pecahnya bekas Yugoslavia (7 negara).

Apakah Masih Ada Negara yang Memiliki Koloni?

Ada 61 koloni atau wilayah di dunia, dengan delapan negara yang mempertahankannya. Negara-negara yang memiliki koloni adalah Australia (6 koloni), Denmark (2 koloni), Belanda (2 koloni), Prancis (16 koloni), Selandia Baru (3 koloni), Norwegia (3 koloni), Inggris (15 koloni), dan Amerika Serikat (14 koloni).

Wilayah Mana yang Diklaim oleh Lebih dari Satu Negara?

Ada enam wilayah sengketa besar di dunia, yaitu Jalur Gaza dan Tepi Barat, Kepulauan Paracel, Kepulauan Spratly, Sahara Barat, dan Antartika (sekitar selusin negara telah meletakkan klaim di sana).

Selain itu, ada banyak sekali sengketa teritorial lain di seluruh dunia, dan banyak yang telah mengakibatkan konflik bersenjata yang terus berlangsung.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 2733470068443298875

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item