Apa sih Bank Dunia itu, dan Apa Tujuannya?

Apa sih Bank Dunia itu, dan Apa Tujuannya?
Ilustrasi/sinarharapan.co
Bank Dunia (World Bank) adalah lembaga keuangan internasional yang menyediakan pinjaman kepada negara berkembang untuk program pemberian modal. Bank Dunia dibentuk pada 27 Desember 1945, dan berkantor di Washington, D.C., Amerika Serikat.

Tujuan resmi Bank Dunia adalah pengurangan kemiskinan, yang seluruh keputusannya diarahkan sebuah komitmen untuk mempromosikan investasi luar negeri, perdagangan internasional, dan memfasilitasi investasi modal.

Bank Dunia berbeda dengan Grup Bank Dunia (World Bank Group). Bank Dunia hanya terdiri dari dua lembaga, yaitu Bank Internasional untuk Rekonstruksi dan Pembangunan (International Bank for Reconstruction and Development, IBRD) dan Asosiasi Pembangunan Internasional (International Development Association, IDA).

Sedangkan Grup Bank Dunia mencakup dua lembaga tersebut, ditambah tiga lembaga lainnya, yaitu International Finance Corporation (IFC), Multilateral Investment Guarantee Agency (MIGA), dan International Centre for Settlement of Investment Disputes (ICSID).

Pengoperasian Bank Dunia ditopang melalui pembayaran sebagaimana diatur oleh negara-negara anggota. Saat ini, aktivitas Bank Dunia difokuskan dalam bidang pendidikan, pertanian, dan industri. Bank Dunia memberi pinjaman dengan tarif preferensial kepada negara-negara anggota yang sedang dalam kesusahan.

Sebagai balasannya, Bank Dunia juga meminta negara bersangkutan dalam hal kebijakan tertentu yang perlu ditempuh, misalnya pembatasan tindak korupsi atau pengembangan demokrasi lebih lanjut.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 869708862012391507

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item