Apa Tujuan Dibentuknya Organisasi Kerjasama Islam (OKI)?

Apa Tujuan Dibentuknya OKI?
Ilustrasi/suarapalestina.com
Organisasi Kerjasama Islam (OKI) adalah organisasi internasional dengan 57 negara anggota yang memiliki seorang perwakilan tetap di PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa).

OKI didirikan pada 25 September 1969, di Rabat, Maroko, dalam Pertemuan Pertama Para Pemimpin Dunia Islam, yang diselenggarakan sebagai reaksi terhadap peristiwa pembakaran Masjid Al-Aqsa pada 21 Agustus 1969 oleh pengikut fanatik Kristen dan Yahudi di Yerusalem.

OKI berkantor pusat di kota Jeddah, Arab Saudi. Dulu, organisasi tersebut bernama Organisasi Konferensi Islam. Namun, sejak 28 Juni 2011, namanya secara resmi diganti menjadi Organisasi Kerjasama Islam. Tujuan dibentuknya OKI adalah:
  • Meningkatkan dan memantapkan ikatan persaudaraan dan solidaritas di antara negara-negara anggota OKI.
  • Menjaga dan melindungi kepentingan umum, serta menyatukan pandangan yang dihadapi dunia islam.
  • Menghormati kedaulatan, kemerdekaan dan integritas wilayah negara anggota OKI serta menghormati hak penentuan nasib sendiri, dan tidak mencampuri urusan dalam negeri anggota OKI.
  • Memastikan partisipasi aktif anggotanya di bidang politik, ekonomi, dan sosial, dalam pengambilan keputusan global untuk mengamankan kepentingan bersama.
  • Menegaskan kembali dukungan untuk hak-hak masyarakat, yang diatur dalam piagam PBB dan hukum internasional.
  • Mempererat kerjasama ekonomi dan perdagangan intra Islam yang mengarah pada pembentukan pasar bersama Islam.
  • Mengerahkan upaya untuk mencapai pembangunan manusia yang berkelanjutan dan komprehensif, dan kesejahteraan ekonomi sesama anggota OKI.
  • Melindungi dan membela citra Islam yang sebenarnya, untuk memerangi pencemaran nama baik islam, dan mendorong dialog antar peradaban dan agama.
  • Meningkatkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan mendorong penelitian dan kerjasama antara negara anggota OKI.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 6300008214864151286

Posting Komentar

emo-but-icon

Terbaru

Banyak dibaca

Hati-hati di Dunia Maya

Hati-hati di dunia maya. Orang yang kita sangka baik dan tampak seperti teman, ternyata bisa penjahat yang berbahaya.

Silakan baca:
item