Fakta-Fakta Unik dan Menarik Seputar Irak

 Fakta-Fakta Unik dan Menarik Seputar Irak
Ilustrasi/tribunnews.com
Republik Irak adalah negara di Timur Tengah atau Asia Barat Daya, yang meliputi sebagian terbesar daerah Mesopotamia, serta ujung barat laut Pegunungan Zagros dan bagian timur Gurun Suriah. Negara ini berbatasan dengan Kuwait dan Arab Saudi di selatan, Yordania di barat, Suriah di barat laut, Turki di utara, dan Iran di timur. Irak memiliki bagian sangat sempit dari garis pantai di Umm Qashr, di Teluk Persia.

Ada beberapa pendapat mengenai asal usul nama Irak, satu di antaranya berasal dari kota Uruk (atau Erech) dari masa Kerajaan Sumer. Pendapat lainnya mengatakan bahwa nama Irak berasal dari bahasa Aram, yang berarti “tanah sepanjang tepian sungai”. Pendapat lainnya lagi mengatakan bahwa nama Irak merujuk kepada akar pohon palma, karena jumlah pohon itu banyak sekali di sana.

Selain itu, di bawah Dinasti Sassanid Persia, ada wilayah yang dinamai “Erak Arabi”, yang merujuk ke bagian wilayah barat daya Kekaisaran Persia, yang kini merupakan bagian Irak selatan. Al-Iraq adalah nama yang digunakan oleh orang-orang Arab sendiri untuk daerah itu, sejak abad ke-6.

Secara historis, Irak dikenal sebagai Mesopotamia, yang secara harfiah berarti “di antara sungai-sungai” dalam bahasa Yunani. Tanah itu menjadi tempat kelahiran peradaban pertama dunia yang dikenal, yaitu budaya Sumeria, diikuti budaya Akkadia, Babilonia, dan Asyur, yang pengaruhnya meluas ke daerah-daerah tetangganya, sejak sekitar 5000 SM.

Peradaban-peradaban itu menghasilkan tulisan tertua dan sebagian besar ilmu pengetahuan, matematika, hukum dan filsafat yang pertama di dunia, hingga menjadikan wilayah itu sebagai pusat yang umumnya disebut “Buaian Peradaban”. Pada zamannya, peradaban Mesopotamia kuno mendominasi peradaban-peradaban lainnya.

Pada abad ke-6 SM, wilayah itu menjadi bagian Kekaisaran Persia di bawah Koresy Agung selama hampir 4 abad, sebelum ditaklukkan oleh Alexander Agung, dan tetap berada di bawah kekuasaan Yunani selama hampir dua abad. Sebuah suku bangsa Iran dari Asia Tengah bernama Parthia kemudian merebut wilayah itu, diikuti oleh Dinasti Sassanid Persia selama 9 abad, hingga abad ke-7.

Di awal abad ke-7, Islam menyebar ke daerah yang sekarang bernama Irak. Ali bin Abi Thalib memindahkan ibukota di Kufah, tempat dia menjadi Khulafaur Rasyidin yang ke-4. Sementara Bani Umayyah yang berkuasa dari Damaskus di abad ke-7 menguasai Provinsi Irak.

Baghdad, ibukota Khilafah Abbasiyah, adalah kota utama bagi dunia Arab dan Islam selama 5 abad. Berikut ini fakta-fakta lain seputar Irak dari masa lampau sampai zaman modern.
  • Pada tahun 762 M, Baghdad menjadi ibukota kerajaan Islam terbesar yang diperintah oleh Dinasti Abbasiah. Dinasti Abbasiah membangun kejayaannya dari kumpulan reruntuhan peradaban Babilonia, dan menjadi pusat kebudayaan serta pendidikan dunia hingga mengantarkan Abbasiah dalam Masa Keemasan Islam. Selama pemerintahannya, Abbasiah membangun “Rumah Kebijaksanaan” (House of Wisdom), juga bangunan dan air mancur yang menawan, merefleksikan ketinggian nilai yang mereka curahkan kepada pengetahuan. Mereka menekankan bahwa “tinta para sarjana lebih mulia dibandingkan darah para syuhada”.
  • Sekitar 97 persen populasi Irak adalah Muslim. Di sana, orang Islam diatur oleh aturan agama yang disebut lima rukun Islam. Aturan-aturan itu termasuk “Tidak ada Tuhan selain Allah, dan Muhammad adalah Utusan Allah”, shalat lima waktu setiap hari, membayar zakat atau bersedekah, berpuasa di bulan Ramadan, dan melaksanakan ibadah haji ke Makkah.
  • Dua aliran besar Islam di Irak adalah Sunni dan Syiah. Meski Sunni hanya sebesar 32-37 persen dari penduduk Irak, tetapi mereka memiliki kekuatan penuh di negara tersebut.
  • Kebanyakan orang Kristen di Irak adalah Katolik Roma.
  • Irak mempunyai musim kering dan musim basah. Selama musim basah, dari bulan November sampai April, Irak bisa mendapatkan hampir 40 inci hujan. Pada musim kering, antara bulan Mei dan Oktober, temperatur dapat mencapai 125 derajat Fahrenheit.
  • Diperkirakan, ada sekitar 112,5 miliar barrel minyak mentah di bumi Irak. Meski Irak mempunyai cadangan minyak terbesar kedua di dunia setelah Saudi Arabia, namun sanksi internasional selama tahun 1990-an dan perang telah menjadikan Irak sebagai negara miskin.
  • Luas Irak adalah 438.317 mil persegi, dan berbatasan dengan enam negara, yaitu Iran, Yordania, Saudi Arabia, Syiria, dan Turki.
  • Pada Juli 2011, populasi Irak adalah 30.399.572 jiwa dan menduduki peringkat ke-39 di dunia sebagai negara dengan populasi terbesar.
  • Kota-kota utama di Irak adalah ibukota Baghdad (yang dihuni sekitar 5,751 juta jiwa), Mosul (1,447 juta), Erbil (1,009 juta), Basra (923.000), dan As-Sulaymaniyah (836.000).
  • Suku Arab adalah yang terbanyak di Irak (mencapai 75-80 persen), diikuti suku Kurdi (15-20 persen), dan Turkoman, Chaldean, serta Assyiria (5 persen).
  • Bahasa Arab dan Kurdi adalah bahasa resmi Irak, meski bahasa Turkoman (dialek Turki), Assyiria, dan Aemenia, juga digunakan.
  • Irak memiliki lebih dari 22 juta pohon kurma, dan menjadi tiga besar produsen kurma di dunia.
  • Sistem tulisan tertua, yang dikenal sebagai cuneiform, terdapat di Irak sekitar tahun 3200 SM. Tulisan kuno itu menggunakan sekitar 600 tanda sebagai alfabetnya. Masing-masing tanda melambangkan kata atau silabel.
  • Epic of Gilgamesh, cerita tulisan pertama di dunia, menceritakan petualangan raja legendaris yang berjuang mempertahankan kota Irak kuno.
  • Nama resmi Irak adalah Republik Irak (Al Jumhuriya al-Iraqiya). Menurut Profesor Wilhelm Eilers, kata “Iraq” berasal dari bahasa Persia Tengah, yaitu “eraq”, yang berarti “daratan rendah”.
  • Irak dibagi ke dalam 18 governorat (atau provinsi). Governorat dibagi lagi ke dalam sejumlah qadhas (atau distrik).
  • Konstitusi Irak yang baru mempersiapkan pembentukan sejumlah region dengan menggabungkan 1 governorat atau lebih. Sekarang baru ada 1 region, yaitu Kurdistan Irak, dan ada usulan agar lebih banyak lagi region yang dibentuk di selatan.
  • Mata uang Irak adalah dinar Irak, dari bahasa Latin, “deni”, yang maknanya “sepuluh”.
  • Sungai Tigris dan Eufrat menjadi sumber air utama kehidupan Irak selama ribuan tahun. Kedua sungai tersebut bermula di Turki, yang bersama Sungai Tigris mengalir langsung ke Irak, dan Sungai Eufrat melalui Syiria. Sungai Eufrat lebih panjang, yaitu 1.469 mil, sedangkan sungai Tigris memiliki panjang 1.150 mil. Meski lebih pendek, Sungai Tigris membawa lebih banyak air karena mendapat tambahan dari aliran-aliran air lain.
  • Dalam sejarah, banyak kekaisaran kuat mengklaim Irak, yaitu bangsa Sumeria, Akkadia, Babilonia, Assyiria, Persia, Yunani, dan Arab. Para pemimpin kuat Ottoman juga mengincar Irak, termasuk Sargon I, Hammurabi II, Sennacherib, Nebuchadnezzar II, Cyrus the Great, Alexander the Great, Abul Abbas, Hulagu Khan, dan Seleiman the Magnificent.
  • Irak menjadi rumah bagi banyak kota besar di dunia, yaitu Kota Ur, Babilon, Nineveh, Ctesiphon, dan Baghdad.
  • Raja Babilonia kuno, Nebuchadnezzar II, membangun 700 kamar yang dilindungi Gerbang Ishtar. Gerbang tersebut didekorasi dengan bentuk benteng dari batu bata, naga, dan makhluk mistis lainnya.
  • Bentuk wilayah Irak kira-kira seperti potongan kue, dan hampir sepenuhnya dikelilingi oleh daratan, kecuali untuk 36 mil bagian garis pantai sepanjang tepi utara Teluk Persia.
  • Temperatur tertinggi di Irak sekitar 124 derajat Fahrenheit. Sementara rekor temperatur terendah adalah 12 derajat Fahrenheit di Al-Salman.
  • Titik tertinggi Irak adalah daerah Haji Ibrahim (11.832 kaki). Titik terendahnya adalah laut sepanjang Teluk Persia.
  • Gurun Irak adalah rumah bagi banyak jenis kalajengking. Di sana, ada kalajengking yang bisa tumbuh sepanjang 8 inci.
  • Kadang-kadang, Irak dipenuhi sekumpulan besar lebah. Untuk beberapa alasan yang sepenuhnya belum diketahui, kadang-kadang berkerumun sekitar 40-80 juta serangga, dan terbang sampai 80 mil per hari. Sekumpulan serangga besar yang terakhir melintasi Irak adalah pada 1987 dan 1989.
  • Gurun Irak adalah tempat bagi ular viper bersisik gergaji yang berbahaya. Banyak ilmuwan menganggapnya sebagai ular paling berbahaya di dunia. Ular viper terkenal menyerang tanpa pancingan, bahkan mengejar korbannya. Gigitan ular itu sering membawa kematian.
  • Irak kuno adalah tempat kelahiran beberapa penemuan paling penting di dunia, seperti satu menit adalah 60 detik dan satu jam adalah 60 menit, roda, tulisan, kalender akurat pertama, peta pertama, dan sekolah pertama.
  • Burung nasional Irak adalah Chucker patridge (Alecoris chukar).
  • Sebelum tahun 2003, kebun binatang Baghdad adalah kebun binatang terbesar di Timur Tengah, dan menjadi rumah bagi lebih dari 600 mamalia. Namun, setelah perang, kebun binatang itu menderita kerusakan, dan para perampas mengambil banyak binatang di sana hingga yang tersisa tinggal 50 binatang.
  • Orang Irak memperingati dua tahun baru. Yang pertama tahun baru Muharram pada bulan pertama kalender Islam, dan yang kedua tahun baru pada 31 Desember kalender Gregorian.
  • Pernikahan di Irak diatur secara tradisional, meski semakin banyak orang Irak memilih menentukan pasangannya sendiri, terutama di kota-kota besar.
  • Tari berperan penting dalam budaya Irak selama ribuan tahun. Salah satu model tari di Irak, yang disebut hacha’a, mirip tari perut, namun ada banyak gerakan leher dan tangan serta sedikit gerakan pinggul. Penari perempuan harus memiliki rambut yang panjang, karena pada bagian tari tersebut ada saat mengayunkan rambut mengikuti irama musik.
  • Musik tradisional Irak adalah maqam, yang berdasarkan pada syair Arab dan sangat menyentuh hati. Aturan musik maqam dipengaruhi oleh musik istana raja-raja Arab dan Persia (Iran kuno).
  • Di Irak, sebagaimana negara yang didominasi pemeluk Islam, tidak menggunakan tangan kiri ketika makan, karena tangan kiri dianggap tidak bersih. Selain itu, makan dengan cepat atau tanpa alat makan dianggap tidak sopan di sana.
  • Jika seseorang mengagumi barang milik orang Irak, misalnya vas bunga, maka orang Irak biasanya meminta untuk mengambilnya. Karenanya, etika yang lebih baik di sana adalah menghindari memuji barang milik orang lain secara berlebihan.
  • Hidangan nasional Irak adalah masgouf (ikan tusuk/impalles fish) dan kue nasionalnya, kleicha (maknanya lingkaran atau roda), dan keduanya sudah ada sejak zaman kuno.
  • Berdasarkan tradisi, sekitar setengah dari semua pengantin wanita dan pengantin pria di Irak merupakan saudara sepupu pertama atau sepupu kedua.
  • Menurut Arab American Institute, ada sekitar 140.000 warga Irak keturunan Amerika yang tinggal di Amerika.
  • Wilayah subur di antara dua sungai terkenal, yaitu Sungai Tigris dan Eufrat, memberikan populasi awal yang stabil di Irak pada abad ke-7 SM. Area itu memiliki banyak nama dalam sejarah, termasuk Al-Jazira (pulau) di Arab, dan Mesopotamia (“daratan di antara dua sungai”) dalam bahasa Yunani.
  • Irak pertama kali mengikuti Olimpiade pada tahun 1948, dan hanya memenangkan satu medali perunggu dalam angkat besi pada 1960 di Roma. Irak tidak pernah mengikuti kompetisi Olimpiade musim dingin.
  • Menurut arkeolog Leonard Woolley, ketakutan terhadap kucing hitam, mengukur waktu menjadi 12 jam dalam sehari semalam, dan membaca keberuntungan melalui perbintangan, semuanya bisa ditemukan di Irak.
  • Pada Maret 1988, Saddam Hussein memerintahkan serangan senjata kimia terhadap suku Kurdi di kota Halabja, Irak Utara, dan membunuh 5.000 orang. Pada waktu itu Amerika menyatakan bahwa tindakan tersebut sebagai horor yang menakutkan, tetapi masih mendukung Saddam Hussein.
  • Setelah Perang Teluk pada 1991, Amerika mendorong warga Irak (para pemberontak) melawan Saddam, tetapi Amerika secara kontroversial tidak membantu warga Irak. Akibatnya, Saddam mengalahkan para pemberontak, dan sepuluh ribu orang terbunuh. Waktu itu, hampir 2 juta orang Irak melarikan diri demi bertahan hidup. Kuburan massal ditemukan di Shia Arab di selatan dan utara Kurdish.
  • Kuburan massal juga banyak terdapat di tepi Gurun Ash-Sham di Irak yang disebut Blue Man (Manusia Biru). Sebutan itu berasal dari seorang lelaki dengan kaos biru dan celana panjang yang ditemukan terkubur di sana. Mayat lelaki itu menggambarkan penderitaan, dengan mata yang tertutup, lengan terikat ke belakang tubuhnya, sementara tengkoraknya tersentak ke atas di lehernya. Mayat-mayat yang terdapat di makam itu diperkirakan korban-korban yang dibunuh pasukan Saddam setelah pemberontakan tahun 1991 di Irak.
  • Pada tahun 1923, pengadilan tinggi Amerika memutuskan bahwa orang Timur Tengah adalah bangsa Kaukasus, tetapi tidak “putih” karena orang awam tidak menganggapnya seperti itu. Namun pendapat itu telah berubah pada tahun 1946. Sekarang, sensus Amerika menganggap orang Irak juga orang Timur Tengah lainnya (termasuk Yahudi) adalah “putih”.
  • Pada Desember 2011, tentara Amerika yang terakhir di Irak ditarik dari negara tersebut, mengakhiri hampir sembilan tahun perang. Itu merupakan pasukan Amerika terbesar yang ditarik sejak Perang Vietnam. Namun, di sana tersisa 1.700 diplomat, pegawai pelaksana undang-undang, dan ahli ekonomi serta pertanian lainnya, juga 5.000 pekerja keamanan dan 4.500 pekerja dalam bidang lainnya.
  • Berdasarkan studi, lebih dari separuh orang Amerika menganggap Perang Irak akan mengalami jalan buntu. Lebih dari separuh menganggap pemerintahan Bush telah menyesatkan publik tentang kepemilikan senjata pemusnah massal Irak. Sekitar separuh orang Amerika mengatakan keterlibatan Amerika akan mempunyai efek negatif terhadap kehidupan di sana, dan 7 dari 10 orang mengatakan uang yang dihabiskan untuk perang telah menyebabkan memburuknya ekonomi.
  • Biaya Perang Irak sebesar US$ 800 miliar, lebih dari 4.500 tentara Amerika terbunuh, dan lebih dari 30.000 orang terluka. Secara keseluruhan, antara tahun 2003 dan 2010, diperkirakan ada 150.000 orang Irak meninggal dunia, dengan empat dari lima orang yang meninggal adalah sipil.
  • Menurut laporan UNHCR tahun 2010, orang Irak adalah kelompok pengungsi terbesar di dunia dengan 1,8 juta orang mengungsi ke negara tetangganya. Kelompok pengungsi terbesar lainnya dari Afghanistan, dengan 2,9 juta pengungsi.
  • Monumen Syuhada (Monumen al-Shaheed) di Baghdad didirikan untuk mengenang ratusan ribu tentara Irak yang meninggal dalam perang Iran-Irak. Monumen itu berbentuk seperti telur yang pecah dan tebuka, dengan “api abadi” di tengahnya, dengan nama-nama, senjata, dan pakaian para tentara.
  • Banyak orang Irak yang tinggal di Michigan dan California, Amerika Serikat, dengan jumlah rata-rata sama banyaknya.
  • Dua puluh persen wilayah Irak adalah gunung. Dua rangkaian gunung besar di sana adalah Taurus, yang berbatasan dengan Turki, dan gunung Zagros yang berbatasan dengan Iran. Gunung tersebut adalah satu-satunya bagian di Irak yang masih berhutan.
  • Salah satu tumbuhan khas Irak adalah gula-gula hitam, yang telah digunakan selama ribuan tahun untuk kesehatan. Prajurit zaman kuno yang mengunyah tanaman itu tidak akan merasa haus.
  • Selama 5.000 tahun, bangsa Irak memelihara tawon. Madu adalah sumber penting makanan dan sumber pendapatan dari kebanyakan keluarga di Irak.
  • Pada zaman Irak kuno, lumpur digunakan untuk membangun kota dan istana, serta peradaban. Mereka menggunakan lumpur untuk membuat batu bata, juga memungkinkan penemuan tulisan. Sebagaimana bangsa Sumeria kuno, orang Irak mengeraskan lumpur untuk membuat kertas atau buku dari tanah liat.
  • Setiap tahun, badai pasir dan debu mengamuk selama 20 sampai 50 hari di Irak, yang sering terjadi pada musim panas. Badai pasir bisa mencapai ketinggian 50 kaki (15 meter), sementara badai debu mencapai tinggi rata-rata 3.000 sampai 6.000 kaki.
  • Perbatasan terpanjang Irak adalah dengan Iran, sepanjang 906 mil (1.458 kilometer).
  • Kira-kira separuh wilayah Irak ditutupi gurun yang ganas.
  • Konstitusi Irak mendudukkan Islam sebagai agama resmi Irak pada 1968.
  • Cerita anak yang terkenal, Ali Baba and the Forty Thieves, ditulis di Irak sekitar 1.000 tahun yang lalu.
  • Keluarga di Irak biasanya keluarga besar, dengan hubungan keluarga yang dekat. Banyak keluarga tinggal dalam satu rumah, yang biasanya akan memisahkan diri setelah keluarga tersebut semakin tumbuh besar.
  • Di sungai dan rawa-rawa Irak, ikan gurami bisa tumbuh seberat sampai 300 pon, dan hiu dari Teluk Persia berenang di sungai serta rawa-rawa di sana.
  • Di dunia internasional, Irak sering disebut “tempat lahir peradaban” (cradle of civilization).
  • Irak pernah memiliki sekolah dan perguruan tinggi paling berkualitas di dunia Arab. Namun, setelah Perang Teluk pada 1991 dan sanksi dari PBB, sekarang hanya ada sekitar 40 persen warga Irak yang bisa membaca dan menulis.
  • Pada Januari 2005, warga negara Irak memberikan suara dalam pemilihan umum demokratis nasional pertama, sejak 50 tahun terakhir.
  • Sepakbola adalah olahraga paling populer di Irak. Warga Irak juga menyukai bola basket, tinju, angkat besi, menunggang kuda, dan pacuan kuda.
  • Bendera Irak memiliki tiga garis horisontal berwarna merah, putih, dan hitam, dengan bintang hijau pada garis tengah putih. Selama Perang Teluk Persia pada 1991, kata-kata “Allah Akbar”, yang artinya “Allah Maha Besar”, ditambahkan pada bendera tersebut.
  • Sebelum Perang Teluk Persia pertama, Saddam Hussein bersekutu dengan Amerika. Amerika membantu Saddam memperoleh informasi tentang Iran selama perang Irak-Iran pada 1980-an, untuk mencegah Iran memenangkan peperangan tersebut. Amerika juga memberikan senjata kepada Saddam Hussein selama masa perang itu.
  • Marsh Arab (Ma’dan) atau Arab Rawa-rawa (Marsh Arab) dan nenek moyangnya tinggal di tanah basah yang subur selama lebih dari 5.000 tahun. Untuk menghukum suku Arab Rawa-rawa yang menentang kekuasaannya, pada tahun 1991 Saddam Hussein mengeringkan rawa-rawa tempat mereka tinggal, dan merusak sebagian besar area alamnya yang basah di Timur Tengah. Itu merupakan serangan paling serius terhadap lingkungan dalam sejarah dunia.
  • Menurut laporan PBB, Al-Qaida di Irak merekrut anak-anak di bawah usia 14 tahun, yang mereka sebut “Burung Surga” (atau “Anak Surga” atau “Pemuda Surga”) untuk melakukan serangan bunuh diri melawan militer, pemerintah, dan target sipil. Anak-anak itu juga dipakai untuk mata-mata, mengintai, membawa suplai dan peralatan militer, dan menanam bahan peledak.
  • Menurut harian The Lancet, bom bunuh diri di Irak telah membunuh 12.000 warga sipil dan 200 tentara koalisi, antara 2003-2010. Para pengamat menyatakan bahwa kenyataan itu menandakan orang sipil bukan hanya “korban tambahan” (collateral damage) bom bunuh diri di Irak, tapi memang dianggap target.
  • Menurut Proyek Jumlah Mayat Irak (Iraq Body Count Project), ada 103.536 sampai 113.125 warga sipil tewas antara bulan Maret 2003 sampai Oktober 2011, akibat bom bunuh diri. Namun jumlah itu belum disepakati.
  • Selama perang Iran-Irak pada 1980-1988, satu juta orang meninggal, dan perang tersebut membuat Irak bangkrut. Karena kebutuhan uang pula, Saddam nekat menyerang Kuwait pada 1990 untuk merampas ladang minyak. Amerika memimpin pasukan koalisi untuk memaksa Saddam keluar dari Kuwait.
  • Perang Teluk Persia pertama dimulai pada Maret 2003, ketika Amerika dan aliansinya membombardir Baghdad, ibukota Irak. Presiden Bush menuduh Saddam menolak menghancurkan senjata kimia dan biologi yang berbahaya dan mendukung terorisme.
  • Invasi ke Irak pada 2003 didukung oleh koalisi 35 negara. Mayoritas pasukan berasal dari Amerika (250.000), Inggris (40.000), dan Australia (2.000). Negara-negara lain memberikan dukungan dan keamanan untuk angkatan perang. Sekutu lama Amerika seperti Prancis dan Jerman menolak ambil bagian dalam invasi tersebut.
  • Pada 15 Februari 2003, sepuluh juta orang di seluruh dunia memprotes rencana Amerika menyerang Irak. Para demonstran datang dari Amerika, Inggris, Prancis, dan Afrika Selatan.
  • Orang Irak merasa shock ketika mengetahui beberapa minggu sebelum invasi Irak pada 2003, bahwa Presiden Bush sama sekali tidak menyadari bahwa orang Islam di Irak terbagi menjadi Syiah dan Sunni.
  • Dari tahun 1968 sampai 2003, Partai Ba’ath adalah satu-satunya partai di Irak. Partai itu dipimpin Saddam Hussein yang juga menjadi presiden dan pemimpin besar. Karena kekejamannya terhadap warganya sendiri, khususnya Suku Kurdi, Saddam dianggap sebagai diktator paling berbahaya di dunia.
  • Sampai tahun 2001, kurang dari 0,1 persen populasi warga Irak (usia 15-49 tahun) hidup dengan HIV/AIDS, yang menduduki peringkat ke-131 di dunia sebagai negara pengidap HIV/AIDS.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 3938414022037261751

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item