Kapan Kancing Baju Mulai Digunakan di Dunia?

 Kapan Kancing Baju Mulai Digunakan di Dunia?
Ilustrasi/intisari.grid.id
Kancing yang biasa melekat pada baju atau celana kita mungkin sudah tampak biasa. Tetapi tidak seorang pun yang benar-benar tahu siapa yang pertama kali menggunakannya atau kapan kancing pertama kali muncul. Diperkirakan, kancing telah ada sejak awal sejarah. Beberapa ahli bahkan memperkirakan antara 30.000 atau 40.000 tahun yang lalu.

Meski kancing telah ada sejak zaman dahulu kala, beberapa bagian dunia masih ada yang belum pernah menggunakannya sama sekali.

Kenyataannya, ada cukup banyak cara untuk mengaitkan pakaian agar tetap berada di tempatnya, misalnya menggunakan jarum atau peniti, gasper, diikat dengan tali, diikat di pinggang, atau bahkan dibelitkan mengelilingi tubuh.

Kancing mulai masuk ke Eropa pada abad ke-14, dan sejak itu kancing menjadi populer di Eropa, hingga tidak pernah ditinggalkan dalam dunia mode. Pada perkembangannya kemudian, kancing masuk ke belahan dunia yang lain, hingga kita mengenalnya seperti sekarang.

Dalam perjalanannya yang panjang, kancing hampir dapat dibuat dengan segala macam jenis bahan yang bisa kita bayangkan. Di masa lalu, kancing pernah dibuat dari logam berupa emas, perak, baja, tembaga, perunggu, nikel, dan lain-lain.

Bagian-bagian tubuh hewan juga telah digunakan untuk membuat kancing, termasuk tulang, gading, kuku, tanduk, dan lain-lain. Bahkan kancing juga pernah dibuat dari bahan kaca, kertas, hingga keramik.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 6293813946895130254

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item