Arthropoda apa yang Memiliki Kaki Terpanjang?

 Arthropoda apa yang Memiliki Kaki Terpanjang?
Ilustrasi/flickr.com
Kepiting laba-laba Jepang, atau Macrocheira kaempferi, memiliki kaki terpanjang yang melebihi panjang kaki arthropoda apa pun. Jika direntangkan, kaki hewan ini mencapai panjang 5,8 meter. Termasuk hewan omnivora, kepiting laba-laba Jepang memakan apa pun yang ada dalam jangkauan panjang lengannya yang bercakar.

Diperkirakan, panjang kaki yang dimiliki hewan ini adalah hasil evolusi, meski tetap belum diyakini untuk tujuan apa evolusi tersebut. Para ilmuwan hanya memperkirakan kaki-kaki yang panjang itu untuk menjadikan mereka bergerak lebih cepat dalam mengejar mangsa.

Apa yang Disebut Isopoda Raksasa?
Ilustrasi/worldatlas.com
Apa yang Disebut Isopoda Raksasa?

Penyebutan “raksasa” untuk hewan ini mungkin terkesan berlebihan, karena ukuran panjang hewan ini hanya 60 sentimeter. Tetapi itu memang merupakan ukuran “raksasa” bagi isopoda, karena umumnya hanya berukuran panjang 1 sampai 2 sentimeter. Hewan ini hidup di lautan pada kedalaman 200 sampai 2.000 meter, mengais makanan di dasar laut.

Spesies isopoda yang disebut Bathynomus ini ditemukan di seluruh dunia, dan hampir semuanya identik.

Diperkirakan telah berevolusi sejak sekitar 160 juta tahun lalu, namun tidak banyak perubahan yang terjadi pada wujudnya, karena kebutuhan mereka yang tidak banyak berubah. Mereka adalah hewan pemulung, yang memakan apa saja yang mereka temukan di sepanjang dasar lautan.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Hewan Darat 6366048790725853047

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item