Siapa yang Menemukan Golongan Darah?

 Siapa yang Menemukan Golongan Darah?
Ilustrasi/groupe-sanguine.fr
Golongan darah ditentukan oleh adanya suatu zat/antigen yang terdapat dalam sel darah merah. Karl Landsteiner dari Austria adalah orang yang menemukan 3 dari 4 golongan darah dalam ABO system, dengan cara memeriksa golongan darah beberapa teman sekerjanya.

Dia melakukan percobaan dengan melihat reaksi antara sel darah merah dan serum dari donor. Hasilnya adalah dua macam reaksi, dan satu macam tanpa reaksi. Dia pun menyimpulkan, ada dua macam antigen A dan B di sel darah merah yang disebut golongan A dan B, atau sama sekali tidak ada reaksi yang disebut golongan O.

Untuk penemuannya tersebut, Karl Landsteiner memperoleh penghargaan Nobel dalam bidang Fisiologi dan Kedokteran pada 1930.

Sedangkan orang yang menemukan golongan darah AB adalah Von Decastello dan Sturli pada 1901, yang juga menemukan hal lain yang disebut Rh. Rh adalah semacam sistem golongan darah, dengan melihat ada atau tidaknya antigen Rh di dalam sel darah merah.

Sebenarnya, selain ABO dan Rh, masih ada sistem penggolongan darah menurut antigen yang terdapat dalam sel darah merah, di antaranya MWSP, Lutheran, Duffy, Lewis, Kell, dan sebagainya.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 8007384739466284775

Posting Komentar

  1. nanya donk, golongan darah oom Hoeda apaan?

    kepo nih :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamu malu dan tidak pede menunjukkan muka, artinya kamu sadar. Mestinya sadar pula dalam menjaga sikap. Nunjukin muka saja malu dan tidak pede, tapi kelakuan memalukan akibat kepedean.

      Hapus
    2. Cewek di atas, yang namanya "enhas note" itu, adalah salah satu cewek TIDAK TAHU MALU di internet. Nama aslinya Siti Nurhayati. Sudah sejak lama dia mengirim email berisi rayuan-rayuan tolol seolah aku akan tertarik kepadanya. Sudah tak terhitung banyaknya email sampah yang ia kirim ke alamat email-ku, semuanya berisi rayuan-rayuan tolol, hingga rasanya aku ingin muntah.

      Tidak hanya nyepam di email, dia juga nyepam di FB, juga nyepam terus menerus di blog ini. Isinya sama, rayuan-rayuan tolol. Beberapa contoh komentarnya bisa kamu lihat di sini:

      http://belajar-sampai-mati.blogspot.co.id/2014/08/apa-saja-dewa-dewa-di-zaman-mesir-kuno.html

      http://belajar-sampai-mati.blogspot.co.id/2014/10/siapa-yang-menemukan-golongan-darah.html

      http://belajar-sampai-mati.blogspot.co.id/2013/02/siapa-pembuat-logo-logo-google.html

      http://belajar-sampai-mati.blogspot.co.id/2014/06/apa-bahan-pembuat-baju-antipeluru.html

      Itu beberapa contoh yang sengaja kumunculkan. Komentar lain yang tidak kumunculkan masih banyak, dan semuanya sama, berisi rayuan-rayuan tolol. Mungkin dia pikir aku akan tertarik kepada tingkahnya yang menyebalkan dan tak tahu malu itu.

      Dia juga hobi stalking akun Twitter-ku, tapi tidak berani follow. Tentu dia paham, kalau dia mencoba menggangguku di Twitter, ulahnya akan terlihat orang-orang lain. Artinya dia sadar kalau perbuatannya tidak baik dan memalukan. Meski begitu, dia masih terus melakukan perbuatan yang sama tidak baik dan sama memalukan, cuma tidak berani terang-terangan.

      Yang konyol, meski dia sangat pede dan tidak tahu malu, tapi dia tidak pede dan malu menunjukkan mukanya sendiri. Apa yang lebih konyol dari itu? Nunjukin muka sendiri tidak pede dan malu, tapi tingkahnya kepedean dan tidak tahu malu. Mestinya, kalau sadar muka udah jelek, jaga tingkahnya agar tidak sama jelek.

      Aku sengaja ngomong blak-blakan kayak gini, karena udah telanjur muak dengan semua ulahnya. Udah dikasih teguran baik-baik, tapi dia tidak mau sadar. Sengaja kubuka kayak gini, daripada aku jengkel sendiri. Kalau kamu mau lihat kayak apa cewek yang TIDAK TAHU MALU ini, silakan lihat akun Twitter-nya di sini: https://twitter.com/siti_enha

      Karena sangat jengkel dan muak, aku sedang berencana membuka identitasnya di blogku, lengkap dengan hal-hal memalukan yang telah dia lakukan selama ini, agar semakin banyak orang yang tahu.

      Hapus

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item