Apakah Besi Memang Lebih Dingin daripada Kayu?

Apakah Besi Memang Lebih Dingin daripada Kayu?
Ilustrasi/dekoruma.com
Jika besi dan kayu diletakkan di tempat yang sama, lalu kita menyentuhnya, kemungkinan besar kita akan merasakan besi lebih dingin dibandingkan kayu. Apakah memang besi lebih dingin daripada kayu?

Sebenarnya tidak ada perbedaan antara besi dan kayu, jika kedua benda itu didiamkan di tempat dan suhu yang sama. Besi terasa lebih dingin saat disentuh dibanding kayu, semata karena persepsi indra kita yang sangat terbatas.

Meski kedua benda itu ada di tempat yang sama dengan suhu yang sama, namun besi memiliki penghantar kalor yang jauh lebih tinggi dibanding kayu.

Akibatnya, besi terasa lebih dingin, karena besi “mencuri” kalor dari tangan kita lebih cepat dibanding kayu. Ketika tangan kita kehilangan kalor dengan cepat, saraf di tubuh kita pun menyampaikan sinyal “dingin” ke otak, hingga kita merasa dingin.

Umpama tubuh kita memiliki temperatur yang sama dengan temperatur ruang, kita akan merasakan besi dan kayu sama saja, karena tidak ada kalor yang ditransfer atau dipindahkan.

Dalam fisika, kita diberitahu bahwa laju perpindahan kalor sebanding dengan konduktivitas bahan. Dalam hal ini, besi termasuk bahan logam yang memiliki konduktivitas termal lebih tinggi dibandingkan kayu. Karenanya, besi pun lebih mudah menyerap kalor dibanding kayu, sehingga besi terasa dingin saat dipegang tangan kita.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 6770647718500680597

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item