Mengapa Laba-laba Peludah Bisa Meludah?

Mengapa Laba-laba Peludah Bisa Meludah?
Ilustrasi/flickr.com
Laba-laba peludah (Spitting spider) adalah sebutan untuk spesies laba-laba yang memiliki kemampuan unik yang tidak dimiliki spesies laba-laba jenis lain, yaitu kemampuan meludahkan zat seperti lem yang sangat lengket pada mangsanya.

Laba-laba peludah memiliki dua lambung. Satu lambungnya menyimpan sutra untuk membangun jaring, sedang lambung yang lain menyimpan cairan ludah yang lengket. Ketika menemukan makanan atau mangsa, dia akan meludahi mangsanya dengan sangat cepat.

Ludah lengket itu akan menahan korbannya di tempat, sementara laba-laba peludah akan memberikan gigitan yang akan membunuhnya.

Bagaimana Bintang Laut Menghadapi Predator?
Ilustrasi/hewanpedia.com
Bagaimana Bintang Laut Menghadapi Predator?

Bintang laut menghadapi predator dengan mengandalkan pelindung tubuhnya yang dilengkapi warna pelangi, yang memungkinkan mereka berbaur dengan lingkungan laut sekitar mereka, sehingga tidak terlihat.

Namun, ketika anggota tubuh mereka terpotong, bintang laut memiliki kemampuan menakjubkan dalam hal menumbuhkan anggota tubuh yang baru.

Umpama lengannya terputus, bekas putusnya lengan itu akan dapat menumbuhkan lengan baru. Kemampuan itu mirip tanaman yang dicangkok. Hanya saja, bintang laut tidak membutuhkan tanah untuk tumbuh.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Hewan Darat 6987310381443927368

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item