Apa Penyebab Timbulnya Inflasi?

Apa Penyebab Timbulnya Inflasi?
Inflasi/dekostindonesia.com
Inflasi bisa timbul dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Inflasi yang berasal dari dalam negeri (domestic inflation) umumnya timbul karena defisit anggaran belanja negara dan gagalnya pasar, yang berakibat harga kebutuhan pokok menjadi meningkat atau mahal.

Sedangkan inflasi yang berasal dari luar negeri (imported inflation) terjadi karena kenaikan harga barang di negara lain, tingginya biaya produksi barang luar negeri, dan kenaikan impor tarif barang.

Berdasarkan sebab timbulnya, inflasi dapat digolongkan menjadi dua macam, yaitu tarikan permintaan dan desakan biaya.

Tarikan permintaan (demand pull inflation) adalah inflasi yang terjadi karena permintaan masyarakat pada berbagai barang terus meningkat, sehingga pengeluaran yang dibiayai pemerintah bertambah, dan uang baru pun dicetak semakin banyak. Selain itu, pengeluaran investasi swasta juga bertambah, karena kemudahan kredit bank.

Sedangkan desakan biaya (cost push inflation) adalah inflasi yang disebabkan oleh kenaikan ongkos produksi. Inflasi jenis ini biasanya ditandai kenaikan biaya produksi, seperti kenaikan upah dan kenaikan harga bahan modal, berkurangnya jumlah penawaran, dan naiknya harga barang yang diiringi turunnya jumlah produksi.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 4073459608330664321

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item