Apa yang Disebut Jaringan Epidermis?

 Apa yang Disebut Jaringan Epidermis?
Jaringan epidermis/abi-blog.com
Untuk dapat hidup, tumbuh-tumbuhan memerlukan perlindungan dari semua pengaruh luar yang merugikan, misalnya kekurangan air, kerusakan mekanis, suhu udara yang terlalu tinggi atau rendah, kehilangan zat-zat makanan, serta perlindungan terhadap serangan penyakit dan hama. Untuk itulah, tumbuhan membutuhkan jaringan pelindung, yang disebut jaringan epidermis.

Jaringan epidermis adalah jaringan terluar tumbuhan yang berasal dari jaringan protoderma, dan menutupi seluruh tubuh tumbuhan. Jaringan epidermis biasanya memiliki ciri berikut ini:
  • Terdiri dari satu lapisan sel saja, dan terletak pada permukaan luar organ tumbuhan.
  • Bentuk sel-selnya bermacam-macam, dan susunan sel-selnya rapat sehingga tidak terdapat ruang-ruang di antara sel.
  • Sel-selnya masih hidup.
  • Memiliki vakuola yang besar, dan terdapat di bagian tengah, berisi cairan sel yang berwarna (antosianin) atau dapat pula tidak berwarna.

Selain berfungsi sebagai jaringan pelindung, jaringan epidermis juga berfungsi sebagai tempat pertukaran zat. Selain pada batang, epidermis juga terdapat pada akar dan daun. Epidermis pada permukaan daun dan batang biasanya dilapisi semacam zat lemak yang disebut kutikula.

Kemudian, selain epidermis, tumbuhan juga membutuhkan jaringan lain yang sifatnya lebih kuat dari epidermis, yang disebut jaringan gabus. Biasanya, jaringan gabus berada di bagian tepi, meski tidak mutlak, dan banyak terdapat pada tumbuhan yang berumur panjang.

Dalam hal ini, biasanya epidermis tumbuhan telah mati atau tidak aktif lagi sebelum terjadi penggabusan tersebut. Karenanya, bisa dibilang jaringan gabus menggantikan fungsi epidermis.

Selain itu, jaringan gabus juga berfungsi sebagai pembatas antara jaringan-jaringan di dalam tumbuhan. Jaringan gabus dibedakan menjadi tiga, yakni eksodermis, endodermis, dan kulit gabus/peridermis.

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Related

Sains 546019079034169876

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item