Apa yang Disebut Jaringan Pengangkut?

Apa yang Disebut Jaringan Pengangkut?
Jaringan pengangkut/fineartamerica.com
Jaringan pengangkut (vascular tissue) adalah salah satu dari tiga kelompok jaringan permanen yang dimiliki tumbuhan hijau berpembuluh (Tracheophyta). Jaringan ini juga disebut pembuluh, dan fungsi utamanya adalah menjadi saluran transportasi zat-zat hara yang diperlukan dalam proses vital tumbuhan.

Ada dua kelompok jaringan pengangkut, berdasarkan arah aliran hara. Pembuluh kayu (xilem) mengangkut cairan menuju daun. Sumbernya bisa berasal dari akar (yang utama) maupun dari bagian lain tumbuhan.

Pembuluh tapis (floem) mengangkut hasil fotosintesis (terutama gula sukrosa) dan zat-zat lain dari daun menuju bagian-bagian tubuh tumbuhan yang lain. Pembuluh kayu maupun pembuluh tapis memiliki beberapa tipe sel yang agak berbeda.

Pada akar dan batang, pembuluh kayu dan tapis biasanya tersusun konsentris, yaitu pembuluh kayu berada di bagian dalam, sedangkan pembuluh tapis di bagian luarnya. Terdapat beberapa perkecualian pada susunan ini. Sebagian anggota Asteraceae memiliki posisi yang terbalik.

Di antara keduanya terdapat lapisan kambium pembuluh/vaskular. Kambium tersebut merupakan jaringan meristematik yang membentuk kedua jaringan pengangkut tadi.

Pada daun, kedua pembuluh itu terletak berdampingan, dan jaringannya tersusun pada tulang daun maupun susunan jala yang tampak pada daun. Kedua jaringan disatukan dalam berkas-berkas yang direkatkan oleh pektin dan selulosa.

Pembuluh tapis biasanya terletak di sisi bawah (abaksial) atau punggung daun, sedangkan pembuluh kayu berada pada sisi lainnya (adaksial). Kenyataan itu menjadi penyebab kutu daun lebih suka bertengger pada sisi punggung daun, karena mereka lebih mudah mencapai pembuluh tapis untuk mengisap gula.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Sains 8865720943619874436

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item