Berapa Megapiksel Ketajaman Mata Manusia?

Berapa Megapiksel Ketajaman Mata Manusia?
Ilustrasi: tribunnews.com
Kamera digital SLR Nikon D800, yang memiliki berat sekitar 900 gram, dianggap sebagai salah satu kamera terbaik di dunia, karena memiliki resolusi sekitar 36,3 megapiksel. Artinya, dalam kamera Nikon D800 terdapat 36,3 juta sensor peka cahaya, yang berfungsi menangkap cahaya yang berada di depan kamera. Cahaya itu kemudian diolah kamera dan dijadikan file gambar dengan format tertentu, semisal JPG, PNG, atau format lainnya.

Kamera Nikon D800 bisa dijadikan perbandingan untuk kecanggihan mata kita. Di dalam mata yang kita miliki terdapat peralatan optik yang kapasitasnya melebihi peralatan optik terbaik di dunia. Dengan berat hanya sekitar 7 gram dan diameter sekitar 24 milimeter, sepasang mata kita memiliki 130 megapiksel per satu mata.

Pada kamera digital, sensor penangkap cahaya biasanya terbuat dari bahan CMOS, sejenis semikonduktor yang tersusun dalam bentuk segi empat. Pada retina mata manusia terdapat sel penangkap cahaya yang jumlahnya sekitar 130 juta sel, yang disebut sel fotoreseptor.

Fotoreseptor adalah satu-satunya jenis sel di dalam tubuh manusia yang mampu mengubah cahaya yang masuk ke retina mata menjadi sinyal listrik yang akan dikirim ke otak.

Sel fotoreseptor memiliki bentuk beragam, ada yang kerucut dan ada yang berbentuk batang. Sel batang memiliki jumlah lebih banyak, sekitar 125 juta sel, sangat sensitif terhadap perubahan cahaya, namun tidak mampu membedakan warna yang diterima.

Sisanya, sekitar 6 juta sel, merupakan sel kerucut yang sangat sensitif terhadap warna, dan mampu membedakan warna dengan sangat baik. Dengan kapasitas dan kemampuan tersebut, maka mata kita memiliki 130 megapiksel per satuannya.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tubuh Manusia 3987707694706550580

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item