Siapakah Amancio Ortega?

Siapakah Amancio Ortega?
Amancio Ortega/akhayar.com
Amancio Ortega adalah pengusaha asal Spanyol yang mendirikan grup mode Inditex, yang terkenal karena mewadahi pertokoan ritel pakaian dan aksesoris Zara. Nama lengkapnya Amancio Ortega Gaona. Ia lahir pada 28 Maret 1936 di Busdongo de Arbás, León, Spanyol. Ia tumbuh dalam keluarga miskin, sehingga harus putus sekolah ketika usianya 13 tahun.

Setelah putus sekolah, Amancio Ortega bekerja dengan tujuan membantu orangtuanya. Pekerjaan pertamanya adalah menjadi pengantar barang di sebuah tempat jahit. Di tempat itu, ia juga mulai belajar menjahit, dan perlahan-lahan tahu cara membuat pakaian. Kemampuan itu kelak menjadi bekalnya dalam meraih kesuksesan.

Dari pekerjaannya di seputar pembuatan pakaian, Amancio Ortega menyadari bahwa sedikit orang yang bisa membeli pakaian berkualitas, karena harganya mahal. Dia lalu memiliki ide membuat pakaian yang berkualitas, namun dengan harga terjangkau.

Idenya itu ia wujudkan dengan membuat pakaian sendiri di ruang tamunya, yang kemudian ia jual. Perlahan-lahan, usahanya semakin lancar dan berkembang, hingga bisa mendirikan sebuah toko.

Amancio Ortega mendirikan toko yang ia namai “Zara”, pada 1975. Setelah bertahun-tahun berdiri, hari ini Zara telah menjadi jaringan pertokoan terkenal yang menjual produk-produk fashion yang digemari jutaan orang.

Amancio Ortega kemudian mendirikan perusahaan bernama Inditex (Industrias de Diseño Textil Sociedad Anónima), yang 59,29 persen sahamnya dipegang Ortega. Inditex memiliki lebih dari 6.000 toko dengan merek Zara, Massimo Dutti, Oysho, Zara Home, Kiddy's Class, Stradivarius, Pull and Bear, dan Bershka. Jumlah karyawannya mencapai lebih dari 92.000 orang.

Meski kaya-raya, namun sedikit orang yang mengenalnya, karena Ortega sangat menutup diri. Selama bertahun-tahun, hanya ada satu fotonya yang pernah muncul di media.

Ia juga selalu berpenampilan sederhana, layaknya orang biasa. Padahal, berdasarkan data Forbes, Amancio Ortega memiliki kekayaan senilai 64,5 miliar dollar, sehingga namanya masuk dalam daftar 100 orang paling kaya di dunia.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh Bisnis 2694995359503065158

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item