Siapakah Dhanin Chearavanont?

 Siapakah Dhanin Chearavanont?
Dhanin Chearavanont/asia.nikkei.com
Dhanin Chearavanont adalah pemimpin Chearavanont Pokphand Group (sering disingkat CP Group), salah satu konglomerasi terbesar Asia yang beroperasi di sektor agrikultur, telekomunikasi, marketing, distribusi dan logistik, perdagangan internasional, petrokimia, properti dan pengembangan, integrasi tanaman, ausransi, otomotif, dan pakan ternak.

Dia lahir pada 1939, dan dikenal sebagai pengusaha Thailand yang perusahaannya berbasis di Bangkok. Meski begitu, leluhurnya berasal dari Cina. CP Group yang sekarang dimiliki Dhanin Chearavanont adalah warisan ayahnya. Perusahaan itu didirikan pertama kali pada 1921 di Bangkok, tidak lama setelah keluarga mereka berimigrasi dari Cina.

Sebelumnya, keluarga Dhanin Chearavanont tinggal di Cina. Pada era 1920-an, terjadi kekacauan sosial dan politik di Cina, yang menyebabkan keluarga Dhanin Chearavanont memutuskan untuk berimigrasi ke Thailand. Di negara baru itu, ayah Dhanin Chearavanont mendirikan toko kecil yang menyediakan bibit tanaman dan bahan pertanian di Bangkok.

Bersama kerja keras dan usaha tak kenal lelah, toko penyedia bibit tanaman itu perlahan-lahan berubah menjadi perusahaan besar, meski tetap bergerak di bidang yang sama—seputar tanaman. Lalu ayah Dhanin Chearavanont pun mendirikan Charoen Pokphand sebagai perusahan yang bergerak di bidang agribisnis, hingga menjadi yang terbesar di Asia.

Pada 1980-an, ketika Cina mulai terbuka pada bangsa asing dan membuka kerja sama dengan pengusaha luar negeri, Charoen Pokphand menjadi mitra yang paling disukai oleh Cina.

Hasilnya, Charoen Pokphand mulai merambah bisnis-bisnis lain, mendirikan berbagai lini usaha lain, yang semuanya kemudian disatukan pada satu induk perusahaan bernama Chearavanont Pokphand Group. Ketika sang ayah meninggal di dunia, perusahaan itu diwarisi Dhanin Chearavanont.

Dhanin Chearavanont pun meneruskan usaha ayahnya. Setelah sukses berekspansi ke Cina, dia memasuki Prancis, Amerika Serikat, Afrika, dan berbagai negara lain, hingga wilayah bisnisnya mencakup berbagai sektor.

Karena berbagai aktivitas bisnisnya, Dhanin Chearavanont masuk dalam daftar Businessman of the Year versi Majalah Forbes Asia. Sedangkan kekayaannya yang mencapai 13,6 miliar dollar membuat namanya masuk dalam jajaran orang-orang terkaya di dunia.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh Bisnis 4118488609438014505

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item