Siapakah Larry Page?

 Siapakah Larry Page?
Larry Page/entrepeneur.com
Larry Page adalah pembuat mesin pencari Google, juga pendiri perusahaan Google Inc., bersama sahabatnya, Sergey Brin. Dia lahir pada 26 Maret 1973 di Lansing, Michigan, Amerika Serikat, dengan nama lengkap Lawrence Edward Page.

Dia tumbuh dalam keluarga berpendidikan, dan telah mencintai komputer sejak kecil. Dia lulus dari Universitas Michigan dengan gelar Bachelor of Science dalam teknik komputer, lalu kuliah pascasarjana di Universitas Standford.

Di Universitas Standford, dia bertemu Sergey Brin, yang kemudian menjadi sahabat dalam membangun Google. Larry maupun Sergey memiliki minat yang sama, yaitu pencarian informasi di internet.

Di masa itu, internet telah mulai populer, dan berbagai informasi tersimpan di dalamnya, namun belum ada sarana (mesin pencari) yang dapat digunakan untuk mencari informasi-informasi tersebut. Waktu itu memang telah ada mesin pencari di internet, tapi tidak bisa diandalkan.

Masalah itulah yang lalu dipecahkan oleh Larry Page dan Sergey Brin, dengan membuat sarana pencarian yang mudah digunakan, dengan hasil akurat. Mula-mula, program yang mereka buat diberi nama BackRub.

Teori pembuatan program tersebut bahkan mereka tulis dalam sebuah paper berjudul “The Anatomy of a Large-Scale Hypertextual Web Search Engine”. Sampai saat ini, paper tersebut menjadi salah satu dari sepuluh makalah ilmiah yang paling banyak diakses di Universitas Stanford.

BackRub kemudian dikembangkan menjadi Google, ketika Larry dan Sergey lulus dari Universitas Standford. Mulanya, mereka mencoba menawarkan program buatannya kepada investor, tapi tidak ada yang berminat. Maka mereka pun mengumpulkan modal, dan membangun usaha sendiri. Lalu lahirlah Google sebagai perusahaan, pada 7 September 1998 di Menlo Park, California.

Dalam waktu singkat, perusahaan itu berkembang sangat cepat. Mesin pencari buatan mereka digunakan berjuta-juta orang, dan perusahaan mereka membesar. Google Inc. kemudian mengakuisisi Blogger, YouTube, menciptakan Google Chrome, Android, dan lain-lain, hingga melahirkan Google Adsense. Jumlah karyawan mereka pun membengkak, hingga kemudian membangun kantor baru di Mountain View, California.

Kesuksesan Google menjadikan pemiliknya kaya-raya. Larry Page, salah satu pendiri, kini memiliki kekayaan 29,7 miliar dollar, yang menjadikannya salah satu orang paling kaya di dunia. Di luar kekayaan, Larry Page juga mendapat berbagai penghargaan, baik untuk dirinya sendiri, maupun untuk mesin pencari buatannya.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 4368449839845140657

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item