Siapakah Mark Zuckerberg?

 Siapakah Mark Zuckerberg?
Mark Zuckerberg/wsj.com
Mark Zuckerberg adalah pendiri Facebook, situs jejaring sosial paling terkenal di dunia, sekaligus anak muda paling kaya sepanjang sejarah. Dia lahir dengan nama Mark Elliot Zuckerberg, pada 14 Mei 1984 di Dobbs Ferry, Westchester County, New York. Sempat kuliah di Harvard University, namun tidak sampai lulus.

Sejarah Facebook dimulai oleh ide Mark Zuckerberg yang ingin membuat direktori mahasiswa Harvard, dengan harapan para mahasiswa bisa saling mengenal dengan mudah. Ide itu ia wujudkan dengan membuat CourseMatch (www.coursematch.com), sebuah website yang memungkinkan teman-teman kuliahnya berkomunikasi satu sama lain.

CourseMatch kemudian dikembangkan menjadi Facebook, yang diluncurkan pada 4 Februari 2004. Tujuannya tetap sebagai tempat pertemuan sesama mahasiswa Harvard. Namun, pada perkembangannya, banyak mahasiswa dari kampus lain yang juga ingin bergabung dengan Facebook. Mark pun meminta teman-temannya untuk membantu mengembangkan Facebook.

Pada akhir 2004, jumlah anggota Facebook telah mencapai 1 juta orang. Pada akhirnya, Facebook menerima siapa pun yang ingin menjadi anggota—mahasiswa atau bukan mahasiswa—asal memiliki alamat e-mail. Sejak itu, jumlah anggota Facebook terus melesat.

Kesibukan mengurusi Facebook itulah yang menjadikan Mark Zuckerberg memutuskan untuk tidak meneruskan kuliah. Bahkan, ia kemudian serius menjadikan Facebook sebagai perusahaan, dan untuk itu ia menggandeng banyak perusahaan lain untuk berinvestasi. PayPal, Greylock Partners, Viacom, Google, Yahoo, serta Microsoft, adalah beberapa perusahaan yang ikut menanamkan saham di Facebook.

Berkat popularitas Facebook, Mark Zuckerberg menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Majalah Forbes menyebutkan, kekayaan Zuckerberg mencapai 1,5 miliar dollar di awal masuknya Facebook ke pasar saham.

Pada 2015, kekayaan Mark Zuckerberg meningkat drastis menjadi 33,4 miliar dollar. Majalah Forbes menjuluki Zuckerberg sebagai The Youngest ‘Self-made’ Billionaire on the Planet. Sementara majalah TIME, pada 2010, menobatkan Mark Zuckerberg sebagai Person of The Year.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 6438303804468285361

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item