Siapakah Sergey Brin?

 Siapakah Sergey Brin?
Sergey Brin/economictimes.com
Sergey Brin adalah mitra pendiri mesin pencari Google dan perusahaan Google Inc., bersama Larry Page. Ia lahir di Moskow, Rusia, pada 21 Agustus 1973. Nama lengkapnya adalah Sergey Mikhailovich Brin. Orang tua Sergey Brin kebetulan sama-sama ahli matematika. Karenanya tidak mengherankan jika Sergey Brin juga telah memiliki minat pada matematika sejak kecil.

Ketika Sergey Brin berusia 6 tahun, keluarganya pindah ke Amerika Serikat. Sergey Brin kemudian belajar di sekolah dasar Paint Branch Montossori, Adelphi, Maryland, sementara ayahnya menjadi profesor di departemen matematika University of Maryland.

Setelah dari Eleanor Roosevelt High School pada 1990, dia masuk ke University of Maryland, College Park. Di sana belajar ilmu komputer dan matematika, hingga mendapatkan gelar Bachelor of Science pada tahun 1993.

Setelah itu, Sergey Brin melanjutkan pendidikan ilmu komputer di Stanford University melalui beasiswa dari National Science Foundation. Saat kuliah di Standford itulah, Sergey Brin bertemu Larry Page, lalu keduanya bahu membahu menciptakan Google.

Kerjasama antara Sergey Brin dan Larry Page adalah perpaduan yang tepat. Sergey sangat pintar dalam matematika, sementara Larry sangat ahli dalam menyusun pemeringkatan situs web, yang ia sebut PageRank. Perpaduan keduanya menghasilkan Google sebagai mesin pencari yang hebat dan mudah digunakan.

Selain dikenal sebagai mitra pendiri Google, Sergey Brin juga dikenal sebagai penulis dan pembicara. Ia banyak menulis dan mempublikasikan makalah ilmiah, juga sering menjadi pembicara di berbagai forum. Atas banyak hasil kerja dan prestasinya, Sergey Brin mendapat berbagai penghargaan, untuk dirinya sendiri, bersama Larry Page, maupun untuk mesin pencari yang mereka ciptakan.

Kini, setelah Google sukses, dan memiliki berbagai lini produk—termasuk YouTube, Blogger, Android, dan lain-lain—Sergey Brin tidak hanya dikenal sebagi sosok penting di dunia internet, namun juga menjadi salah satu orang paling kaya di dunia.

Dia memiliki kekayaan mencapai 29,2 miliar dollar, sedikit di bawah Larry Page. Pada Mei 2007, dia menikah dengan Anne Wojcicki, seorang analis bioteknologi lulusan Yale University.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 5744930546036025085

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item