Bagaimana Biji Terbentuk di Dalam Buah?

Bagaimana Biji Terbentuk di Dalam Buah?
Ilustrasi/lintaslampung.com
Umumnya, biji terbentuk atas bagian-bagian yang disebut kulit biji, tali pusar, dan inti biji atau isi biji.

Kulit biji adalah bagian terluar biji, dan berasal dari selaput bakal biji. Umumnya, kulit biji tumbuhan berbiji tertutup terdiri atas dua lapisan, yaitu lapisan kulit luar dan lapisan kulit dalam.

Lapisan kulit luar memiliki sifat bermacam-macam, ada yang tipis, ada yang kaku seperti kulit, dan ada yang keras seperti kayu atau batu. Bagian ini merupakan pelindung utama bagian biji yang ada di dalam.

Lapisan luar juga dapat memperlihatkan warna dan gambaran yang berbeda-beda, misalnya merah, biru, kehijauan, ada yang licin rata, dan ada pula yang memiliki bentuk keriput. Sedangkan lapisan kulit dalam biasanya tipis seperti selaput, dan disebut juga kulit ari.

Pada tumbuhan berbiji terbuka, kulit biji terdiri dari tiga lapisan, yaitu kulit luar, kulit tengah dan kulit dalam. Kulit luar biasanya tebal berdaging. Pada waktu masih muda berwarna hijau, kemudian berubah menjadi kuning, dan akhirnya merah.

Kulit tengah adalah suatu lapisan yang kuat, keras, dan berkayu. Sedangkan kulit dalam biasanya tipis seperti selaput, dan sering kali melekat erat pada inti.

Bagian lain biji adalah tali pusar. Tali pusar disebut juga tangkai biji. Setelah biji masak, biji akan terlepas dari tali pusarnya, dan pada biji hanya tampak bekasnya yang disebut pusar biji. Bagian lainnya lagi, inti biji, adalah semua bagian biji yang terdapat di dalam kulit, sehingga inti biji juga disebut isi biji.

Inti biji terdiri dari ruang yang merupakan calon individu baru, dan ruang lain yang merupakan jaringan berisi cadangan makanan untuk masa permulaan kehidupan tumbuhan baru, sebelum dapat mencari makan sendiri.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Sains 2122558942589023120

Posting Komentar

emo-but-icon

Terbaru

Banyak dibaca

item