Adakah Presiden yang Tidak Menerima Gaji atau Bayaran?

 Adakah Presiden yang Tidak Menerima Gaji atau Bayaran?
José Mujica/tribunnews.com
Menjadi presiden atau pemimpin negara tidak hanya memungkinkan seseorang memiliki kekuasaan besar, tapi juga penghasilan besar. Gaji seorang presiden tentu sangat besar, setidaknya lebih besar dibanding gaji menteri, pegawai kantoran, atau buruh dan pekerja kasar. Pertanyaannya, adakah presiden yang tidak menerima gaji atau menolak bayaran?

Amerika Serikat pernah memiliki presiden semacam itu, namanya Herbert Hoover. Selama menjabat sebagai Presiden AS, Hoover tidak mau menerima gajinya sebagai presiden, dan tidak mau menerima uang dari pelayanan publik. Hoover tumbuh sebagai anak miskin, dan keputusannya untuk menolak uang dari jabatannya adalah agar ia tidak bisa dituduh korupsi.

Presiden AS lain yang juga pernah tidak menerima gaji adalah John F. Kennedy. Berbeda dengan Hoover yang berlatar belakang miskin, Kennedy punya keluarga yang kaya-raya. Selama menjabat sebagai presiden, Kennedy tidak pernah menerima gajinya.

Presiden lain yang agak mirip mereka adalah José Mujica, Presiden Uruguay. Sebagai presiden, Mujica mendapat gaji sebesar $12.500, namun ia hanya mengambil sepuluh persennya, sebesar $1.250, dan sisanya ia sumbangkan untuk orang-orang yang membutuhkan di negaranya.

Karena hal itu, media Uruguay menyebut Mujica sebagai "el presidente mas pobre" atau "presiden termiskin". Karena, di antara para presiden lain di dunia, khususnya saat ini, José Mujica tentu mendapat bayaran paling kecil, karena hanya mengambil 10 persen dari total gajinya. Karenanya pula, ia dipuji sebagai “presiden paling murah hati di dunia”.

José Mujica memang menjalani kehidupan sederhana. Ketika ditanya mengenai keputusannya untuk hanya mengambil sepuluh persen gajinya, ia mengatakan, "Saya cukup dengan jumlah itu. Saya harus mencukupkan diri dengan jumlah itu, karena banyak orang Uruguay yang hidup dengan lebih sedikit dari jumlah itu."

Istri José Mujica adalah seorang senator, dan sang istri juga melakukan hal serupa; menyumbangkan gajinya, dan hanya mengambil sedikit untuk keperluan hidup. Pasangan luar biasa ini tinggal di sebuah peternakan di Montevido. Pengeluaran terbesar mereka hanya sebuah mobil Volkswagen Beetle, seharga $1.945.

Uruguay beruntung memiliki presiden seperti José Mujica. Di bawah kepemimpinannya, Uruguay menjadi salah satu negara dengan tingkat korupsi terendah di dunia.

Sementara dalam kehidupan pribadi, José Mujica tidak punya rekening bank, tidak punya utang, dan menikmati salah satu hal yang tak bisa dibeli dengan uang; persahabatan dengan anjingnya, Manuela.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 644263751037978332

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item