Kira-Kira, Akan Seperti Apa Komputer di Masa Depan?

Kira-Kira, Akan Seperti Apa Komputer di Masa Depan?
Ilustrasi/rencanamu.id
Kita bisa menengok sejarah komputer di masa lalu, dari ukurannya yang tergolong raksasa berubah menjadi komputer praktis sebagaimana yang kita gunakan sekarang. Komputer yang semula sangat rumit pengoperasiannya juga berubah menjadi simpel digunakan. Yang semula harganya sangat mahal, kini bisa diperoleh dengan harga terjangkau.

Meski komputer yang kita kenal di zaman sekarang tampak tidak berubah, sebenarnya komputer masih terus mengalami pengembangan. Sebagai contoh, komputer di masa sekarang mampu terhubung dan berkomunikasi dengan komputer-komputer lain di seluruh dunia, melalui perantara internet, dan kenyataan ini bagai mimpi jika dibayangkan sekian puluh tahun lalu—meski bayangan semacam itu sudah ada.

Komputer yang kita gunakan di masa sekarang disebut komputer generasi keempat. Kira-kira, akan seperti apa komputer generasi kelima di masa depan?

Sepertinya agak sulit memastikan, namun kita bisa memperoleh bayangan dengan melihat komputer-imajinatif yang ada dalam novel 2001: Space Odyssey, karya Arthur C. Clarke. Novel itu mengisahkan sebuah komputer hebat, yang disebut HAL9000, dan banyak pakar yang memprediksi bahwa komputer masa depan kira-kira akan seperti itu.

HAL9000, komputer hebat itu, memiliki kecerdasan buatan (artificial intelligence atau AI), dan cukup memiliki nalar untuk melakukan percakapan dengan manusia, menggunakan masukan visual, serta belajar dari pengalamannya sendiri.

Karenanya, kita bisa membayangkan—kelak di masa depan—kita bisa bercakap-cakap dengan komputer kita, bertukar pikiran, atau meminta pendapat-pendapat dari komputer yang kita miliki.

Meski mungkin mewujudkan komputer sepintar itu masih butuh waktu lama, namun pelan-pelan teknologi komputer sedang menuju ke sana. Beberapa komputer canggih, misalnya, saat ini sudah mampu menerjemahkan bahasa asing, menerima instruksi secara lisan, dan mampu meniru nalar manusia.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Sains 6432431950247245845

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item