Apa Perbedaan Bendungan (Dam) dan Bendung (Weir)?

Apa Perbedaan Bendungan (Dam) dan Bendung (Weir)?
Ilustrasi/aspek.id
Bendungan, yang juga sering disebut dam, adalah konstruksi yang dibangun untuk menahan laju air menjadi waduk, danau, atau tempat rekreasi. Bendungan juga sering kali ditujukan untuk mengalirkan air ke sebuah Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Kebanyakan bendungan memiliki bagian yang disebut pintu air, untuk membuang air yang tidak diinginkan secara bertahap atau berkelanjutan.

Bendungan (dam) dan bendung (weir) merupakan struktur yang berbeda. Bendung (weir) adalah struktur bendungan berkepala rendah (lowhead dam), yang berfungsi untuk menaikkan muka air, biasanya terdapat di sungai.

Air sungai yang permukaannya dinaikkan akan melimpas melalui puncak/mercu bendung (overflow). Dapat digunakan sebagai pengukur kecepatan aliran air di saluran/sungai, dan bisa juga sebagai penggerak penggilingan tradisional, khususnya di negara-negara Eropa.

Di negara dengan sungai yang cukup besar dan deras alirannya, serangkaian bendung dapat dioperasikan membentuk suatu sistem transportasi air. Di Indonesia, bendung dapat digunakan untuk irigasi, bila misalnya muka air sungai lebih rendah dari muka tanah yang akan diairi.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 2125691727263440975

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item