Mengapa Mendengarkan Musik Bisa Menimbulkan Rasa Nyaman?

Mengapa Mendengarkan Musik Bisa Menimbulkan Rasa Nyaman? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/hellosehat.com
Musik adalah sesuatu yang lekat dengan kehidupan sehari-hari banyak orang. Ada berbagai alasan orang senang mendengarkan musik. Tapi rata-rata orang mungkin sepakat bahwa mendengarkan musik bisa memberikan rasa senang, ketenangan, atau bahkan perasaan nyaman. Mengapa bisa begitu?

Dalam penelitian yang dilakukan di Manchester University, ilmuwan menemukan bahwa ketika kita mendengarkan musik, bagian dalam telinga (sacculus) akan dirangsang untuk merespons ketukan dalam musik. Hal itu memberi sensasi kesenangan pada otak, dan membuat kita merasa nyaman.

Di dalam telinga, sacculus dianggap tidak memiliki fungsi pendengaran bagi manusia, karena bagian itu hanya sensitif terhadap suara musik. Neil Todd, seorang ahli dalam studi ilmiah tentang musik, menjelaskan bahwa sacculus berhubungan dengan bagian otak yang berfungsi mengatur rasa lapar, seks, dan hedonistik.

Ketika sacculus dirangsang dengan suara musik, otak akan merespons dengan melepaskan hormon yang membuat kita merasa tenang, bahagia, dan responsif. Karenanya, saat merasa lelah atau kurang bersemangat, kita bisa mendengarkan musik—khususnya yang berirama riang—untuk membantu mengembalikan energi dan semangat yang hilang.

Hmm... bagaimana menurutmu?

Related

Tubuh Manusia 6219746270728236241

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item